16 Oct 2021, 10:45Kandungan

Tanda ovulasi apa saja?

DA
Info Penanya: DA0
Pada tanggal 30 sept saya mengalami vaginal discharge dan terdapat ewcm dan 4 dan setelah 3 hari berikutnya terdapat clear cervix mucus dan setelahnya vaginal discharge saya dry atau terdapat cairan putih lebih ke kental. Menurut jadwal di aplikasi ovulasi saya di tanggal 1/2 oktober, tetapi untuk perhitungan menstruasi 29 hari sedangkan cycle saya irregular berkisar 28-32 hari. Apakah cervix mucus yang saya alami merupakan tanda ovulasi? Dan jika sesuai mengapa haid saya telat?
173 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang DA,Hadirnya momongan tentu sangat dinanti-nanti oleh pasangan yang baru saja menikah atau ingin menambah anak. Oleh karena itu perlu berhubungan seksual di masa subur untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Namun akan muncul kebingungan jika siklus haidnya tidak menentu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menentukan apakah sedang masa subur atau tidak adalah dengan cara melakukan tes ovulasi secara berkala.

Tanda ovulasi:

  • Tubuh terasa lebih hangat. Jadi Anda perlu mencatat suhu tubuh Anda setiap hari dan ketika terjadi peningkatan suhu sekitar 0,5 derajat Celcius maka kemungkinan Anda sedang masa subur.
  • Muncul keputihan dengan konsistensi encer tidak berbau dan tidak gatal, berwarna bening yang biasanya disebut dengan egg white cervical mucus (EWCM).
  • Perubahan emosional biasanya menjadi lebih mudah marah.
  • Payudara terasa penuh, tegang dan nyeri ketika disentuh.
Jika Anda berhubungan seksual di masa subur maka bisa saja terjadi kehamilan yang menyebabkan terlambat haid. Namun terlambat haid tidak hanya disebabkan oleh kehamilan saja. Faktor kegemukan, diet ketat, sering bergadang, kondisi stres juga bisa menyebabkan haid terlambat meski tidak sedang hamil. Lakukan tes pack agar Anda tidak bingung dengan kondisi Anda. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika siklus haid Anda selalu tidak teratur.Salam sehat,dr. Vina Baca juga:Ciri-ciri masa ovulasi pada wanitaApakah hamil jika hubungan diluar masa ovulasi?Bagaimana cara membaca hasil test ovulasi?
kehamilanmasa suburgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil