Pikiran berlebih, apakah perlu diperiksakan?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 17 Tahun
Permisi dok, saya punya pikiran yang berlebihan dok dan itu sangat mengganggu saya dalam aktivitas dan pikiran itu tidak terjadi gitu dok. Bisa dibilang overthinking, apakah itu wajib diperiksakan atau ada solusi lain ya dok? Terimakasih....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pikiran yang berlebihan dapat bersumber dari gangguan kecemasan. Pada keadaan cemas seseorang dapat berpikir lebih banyak dari biasanya atau dari yang dipikirkan oleh orang pada umumnya. Keadaan pikiran yang berlebihan pun dapat dipicu oleh faktor lingkungan, tekanan dan stresor yang dihadapi serta kecenderungan kepribadian.

Gangguan kecemasan sendiri merupakan rasa khawatir dan cemas berlebih yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, baik pada aspek kehidupan pribadi maupun sosial. Ada kalanya seseorang yang menderita gangguan kesemasan ini tidak dapat menceritakan dengan jelas kecemasan yang dialaminya.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, pikiran yang berlebih pada Anda mungkin berhubungan dengan gangguan kecemasan atau stres. Jika sangat berlebihan dan telah mengganggu aktivitas sebaiknya diperiksakan pada ahli yang dalam hal ini adalah psikolog atau psikiater, agar dapat ditangani dengan psikoterapi jika dibutuhkan.

Untuk sementara Anda dapat melakukan beberapa cara berikut untuk membantu mengatasi pikiran berlebih yang Anda alami :

  • menggunakan minyak esensial aromaterapi 
  • rutin berolahraga, seperti yoga
  • mengunyah permen karet
  • tidak menunda pekerjaan atau tugas apapun 
  • meningkatkan kehidupan sosial dengan bersosialisasi lebih banyak

Cara yang telah dipaparkan diatas hendaknya dilakukan secara konsisten agar menjadi suatu kebiasaan yang baik. Menyibukkan diri dengan beberapa kegiatan pun akan dapat membantu Anda mengalihkan pikiran berlebih.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Individu yang menyaksikan kejadian traumatis rentan mengalami anxiety disorder

Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anxiety disorder adalah rasa cemas dan takut yang berlebihan terhadap suatu hal atau objek. Beberapa penyebabnya,yaitu : genetik dan biologis, kondisi medis, obat-obatan, dsb.