otot dada bahu dan pangkal nyeri seperti keram

ET Info Penanya: ET, Pria, 2019 Tahun
Otot dada, bahu dan pangkal lengan nyeri seperti keram
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi ET

Kondisi otot dada, bahu dan pangkal lengan nyeri keram pada anda disebabkan oleh frozen shoulder atau capsulitis adhesive. Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kapsul sendi bahu menjadi kaku dan mengeras sehingga saat bergerak menyebabkan radang dan nyeri.

Penyebab kondisi ini diantaranya riwayat terjatuh atau trauma, penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kurang aktivitas akibat tirah baring lama seperti pada pasien stroke atau pasca operas. 

Untuk tatalaksana biasanya mengistirahatkan lengan dan sendi bahu disertai kompress dingin atau penggunaan krim yang mengandung menthol. Selain itu obat antinyeri golongan NSAID juga bisa diberikan atas indikasi dari dokter. Pada kondisi kekakuan dan nyeri berat disertai deformitas mungkin diperlukan tindakan operasi dengan dokter spesialis tulang S(Sp.OT)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit fibromyalgia yang diidap Ken Zhu termasuk salah satu penyakit keturunan

Penyakit Fibromyalgia Ini Jadi Alasan Ken Zhu F4 Tak Mau Punya Anak

Mantan personel F4, Ken Zhu, mengidap penyakit fibromyalgia. Akibat penyakit langka ini, eks pemain Meteor Garden ini memutuskan tidak akan memiliki anak meski telah menikah. Sebenarnya, apa itu penyakit fibromyalgia?