21 Dec 2020, 08:38Kandungan

Pusing dan sakit pinggang apakah karena berhenti KB ataukah hamil ?

OS
Info Penanya: OS, Wanita, 28 Tahun
Pgi dok,saya mau nanya dua minggu setelah buka kb suntik 3 bln apa bisa langsung hamil,pusing dan sakit pinggang apa termasuk efek dr buka kb????
324 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore OSSuntik KB 3 bulan adalah alat kontrasepsi yang menggunakan hormon progestin sintetik untuk mencegah kehamilan. Efeknya adalah menghambat pembentukan sel telur dan mempertebal lendir di leher rahim sehingga sperma susah masuk ke dalam. Jadi efeknya adalah gangguan siklus haid yang menjadi tidak teratur. Hormon progestin sintetik ini bisa menekan jumlah hormon estrogen yang ada dalam tubuh. 

Organ Reproduksi Mulai Berfungsi Kembali Setelah Berhenti Suntik KB 

Setelah menghentikan penggunaan suntik KB 3 bulan, tentunya terdapat berbagai perubahan atau gejala yang dirasakan. Hal ini disebabkan adanya lonjakan hormon estrogen. Terjadi peningkatan hormon estrogen untuk mulai mengembalikan fungsi organ reproduksi dan mempersiapkan pembentukan sel telur. Pada periode ini yang disebut dengan masa subur. Bila sel telur tidak dibuahi sperma maka akan mati dan kemudian luruh yang kita sebut dengan haid atau menstruasi.Dari kondisi-kondisi ibu juga merupakan gejala dari PMS (sindrom pramenstruasi) yang dapat dirasakan 1 minggu sebelum haid berlangsung. Gejala-gejala sindrom pramenstruasi meliputi :
  • Pusing
  • Badan lemas 
  • Nyeri otot
  • Nyeri punggung bawah, pinggang hingga panggul
  • Nafsu makan meningkat
  • Kram perut
  • Perut kembung
  • Berat badan naik
  • Sembelit
PMS juga bisa mirip dengan tanda-tanda kehamilan, jadi ibu bisa memastikannya dengan melakukan test pack atau Ibu juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.Yang ibu lakukan sementara adalah menjaga kesehatan reproduksi terutama bila ingin segera melakukan program kehamilan. Jaga kebersihan organ intim, tidak emnggunakan sabun pembersih kewanitaan atau daun sirih, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman, konsumsi makanan bergizi dan asam folat, olahraga teratur, hindari rokok dan alkohol, serta berolahraga secara rutin.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
penggunaan kbestrogenhormon progesteronpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil