Apa penyebab nyeri perut kiri bawah?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 20 Tahun
Haii dok, kenapa ya perut saya sering sakit di bagian kiri bawah. Itu kira kira penyakit apa dok dan penyebabnya apa? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NS.

Semua orang pasti pernah mengalami nyeri, baik ringan maupun berat. Padahal, tidak ada orang yang ingin mengalami nyeri, karena hal itu sangat tidak nyaman. Sensasi nyeri bisa berupa ditekan, ditusuk, diremas, dan lain-lain. Nyeri bisa dirasakan di bagian tubuh mana saja, termasuk seperti kasus Anda, di perut kiri bawah.

Penyebab nyeri perut kiri bawah bervariasi, di antaranya:

  • Nyeri yang menjalar dari lambung (kiri atas) karena maag atau gastritis
  • Gangguan pada usus, seperti konstipasi dan usus buntu
  • Gangguan pada ginjal, seperti infeksi dan batu saluran kemih
  • Gangguan pada rahim, seperti pre menstrual syndrome, kista ovarium, dan nyeri haid

Untuk mengetahui penyebab pasti dari nyeri perut Anda, terlebih dahulu Anda harus mencari tahu apa ada gejala lain selain nyeri atau tidak. Misalnya, nyeri yang disebabkan oleh ginjal akan mengalami gangguan berkemih juga, sedangkan nyeri yang disebabkan oleh lambung biasanya disertai mual dan muntah. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab pastinya.

Untuk sementara, jangan melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan ya. Makan teratur dan hindari makanan cepat saji atau junk food, dan minum air putih yang cukup. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bir memiliki kalori tinggi dan mengganggu proses pembakaran lemak sehingga bisa jadi penyebab perut buncit

Alkohol Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit, Ini Penjelasannya

Beer belly sering terjadi pada orang yang mengonsumsi alkohol. Perut buncit akibat alkohol disebabkan oleh kandungan kalori dalam bir sangat tinggi sehingag dapat mengganggu proses pembakaran lemak dan menyebabkan perubahan hormon.