20 Aug 2020, 09:27Kulit & Kelamin

organ intim sering keputihan dan berbau

AB
Info Penanya: AB, Wanita, 24 Tahun
Akhir akhir ini saya sering keputihan parah, terus berbau, kadang keluar flek saat berhubungan intim
6868 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AB,Keputihan yang berbau adalah salah satu gejala yang bisa terjadi jika terjadi ada infeksi atau peradangan pada vagina. Selain berbau bisa juga timbul keluhan lain seperti rasa nyeri saat berhubungan seksual, rasa gatal, perubahan warna dan konsistensi keputihan dan juga gejala lainnya.Tidak jarang keputihan karena infeksi dan peradangan bisa disebabkan karena hubungan seksual ataupun faktor higienitas yang kurang terjaga baik. Upayakan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan cara:
  • Rutin membasuh area kewanitaan menggunakan air hangat
  • Keringkan sampai benar-benar kering terutama setelah buang air kecil
  • Hindari penggunaan sabun pembersih khusus kewanitaan karena bisa menyebabkan pertumbuhan atau ketidakseimbangan mikroorganisme
  • Ganti pakaian dan pakaian dalam secara rutin terutama setelah beraktivitas
  • Jika terasa gatal bisa minum obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat
Jika tidak membaik, perlu diperiksakan dan diberikan penanganan yang tepat. Jika karena infeksi bakter akan diberikan antibiotik sedangkan jika karena jamur maka akan diberi obat antijamur baik diminum atau yang dimasukan ke dalam vagina. 

Perdarahan saat berhubungan seksual

Apabila sering timbul flek saat berhubungan intim, kondisi ini bisa disebabkan beberapa hal seperti akibat vagina kering, adanya peradangan vagina, adanya masalah pada organ reproduksi seperti adanya polip, endometriosis, kista, tumor jinak atau masalah lainnya. Upayakan melakukan pemanasan lebih lama sebelum berhubungan seksual, hindari terburu-buru melakukan penetrasi dan bisa gunakan tambahan pelumas atau menggunakan kondom untuk mengurangi risiko flek atau perdarahan saat berhubungan seksual. Jika masih sering timbul sebaiknya diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan apa penyebabnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan sekskeputihanperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil