Orangtua sering pusing saat pusing atau berdiri, mohon penjelasannya?

J Info Penanya: J, Pria, 2019 Tahun
" Dokter saya ingin bertanya, orang tua saya (Lansia 69 thn) sering pusing saat duduk atau berdiri, kalau dibawa baring-baring baru terasa berkurang pusingnya. sudah cek darah normal semua. mohon pencerahan Dokter. terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, J

Pusing bila berubah posisi biasanya akibat ada gangguan di pusat keseimbangan di telinga atau gangguan aliran darah ke otak. Aliran darah ke otak ditentukan dari tekanan darah, kandungan oksigen, gula darah, kolesterol dan sebagainya. Fungsi darah adalah mengantarkan oksigen, darah juga berubah-ubah kadar nutrisi seperti gula darah dan kekentalan dari darahnya. Organ yang memompa darah adalah jantung.

Jantung adalah organ yang terbentuk dari otot. Pada orangtua anda otot jantung telah bekerja selama 69 tahun dengan berbagai faktor kondisi klinis seperti tekanan darah, kolesterol, gula darah sehingga pompanya tidak sebaik dulu. Sehingga saat berubah posisi berdiri atau duduk, darah harus dipompa melawan gravitasi oleh jantung. Sehingga aliran darah ke otaknya bisa berkurang sehingga mengakibatkan pusing. Saat berbaring faktor gravitasi lebih sedikit karena otak sejajar dengan jantung. Semoga bermanfaat penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Campuran cuka apel dan madu bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita vertigo

Makanan untuk Penderita Vertigo Sebagai Langkah Pengobatan Alami

Bagi sebagian orang, vertigo tidak menjadi masalah kesehatan yang membahayakan walau tetap mengganggu aktivitas. Pengobatan gejala ini memang tersedia, tetapi vertigo juga masih bisa diatasi dengan cara alami. Misalnya lewat makanan untuk penderita vertigo.