Nyeri di bagian bekas operasi caesar, apa penyebabnya?

MR Info Penanya: MR
Ass.dok maaf saya mau tanya.2thun lalu saya oprasi cesar.memang sih tdi y suka terasa sakit tpi ga terlalu.dan susah beberph hri ini saya mengalami keluhan itu lgi.tpi sakit y di bagian bekas oprasi caesar di seblah kanan dan sakit y tuh pas ujung bekas jaitan itu knph yh dok.mksh dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MR.

Operasi caesar (sectio caesarean) adalah tindakan untuk melahirkan janin melalui perut, karena indikasi tertentu yang membuat seorang ibu tidak dapat melahirkan melalui vagina. Operasi ini bisa dilakukan dengan bius setengah badan atau bius total, dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit, jika tidak ada penyulit.

Pada saat operasi caesar, akan dibuat sayatan pada dinding perut dan organ dalam, termasuk rahim. Kemudian, setelah proses selesai, sayatan tersebut akan ditutup kembali dengan cara dijahit. Nah, jahitan di dinding perut (yang tampak dari luar) biasanya akan berangsur-angsur sembuh sekitar 4-6 minggu. Tetapi, jahitan dalam di rahim membutuhkan waktu yang lebih lama, dan bisa sampai dua tahun.

Oleh karena itu, nyeri yang Anda alami bisa saja berasal dari bekas jahitan tersebut yang belum pulih sepenuhnya. Tetapi, nyeri bisa juga disebabkan oleh penyebab lainnya, seperti dari organ kandung kemih atau usus yang juga berada di perut bawah.

Untuk memastikan, ada baiknya Anda berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kandungan, lebih disarankan yang melakukan operasi tersebut. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, untuk mengetahui dari organ apakah nyeri berasal. Apabila bukan dari rahim, maka dokter akan merujuk Anda ke spesialisasi yang terkait.

Untuk sementara, hindari dulu melakukan aktivitas berat, apalagi yang melibatkan otot perut bagian bawah. Anda juga dapat mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Lokia adalah keluarnya cairan dari vagina menyerupai keputihan setelah menjalani proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan pembalut khusus untuk masa nifas.