Operasi Wasir dan Rasa Sakit Saat Berhubungan Seksual

E Info Penanya: E, Wanita, 47 Tahun
Salam sehat dok, sebelum menikah, saya sudah memiliki wasir yang menonjol dan tidak bisa dimasukkan. Dari 15 tahun yang lalu, wasir saya kadang berdarah saat BAB dan perut terasa seperti diare, tetapi saat saya ke toilet, yang keluar hanya darah saja. Namun, aat darah keluar, saya tidak merasakan sakit di dubur saya. Hal tersebut tidak sering terjadi, mungkin sekitar sekali setahun. Namun, yang menjadi keluhan saya adalah tonjolan wasir yang semakin sakit dan membesar selama dua bulan ini. Jika seorang wanita melakukan operasi wasir, apakah nantinya wanita tersebut akan mengalami sakit saat berhubungan seksual dengan suaminya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu E,

Topik tentang wasir atau ambeien atau dikenal dengan nama Medisnya : Haemorhoid , telah sering dibahas pada forum ini dan dapat Ibu baca – baca kembali.

Berdasarkan informasi yang Ibu sampaikan, kemungkinan besar kondisi wasir sudah sampai pada grade III atau IV dan cara penanganannya hanya  melalui operasi atau pembedahan. Bila tidak ditangani dengan segera maka dapat mengancam nyawa karena dapat menyebabkan infeksi lama serta anemia karena perdarahan.

Ibu tidak perlu khawatir, karena dengan kemajuan dalam bidang kedokteran dan makin banyaknya tenaga dokter ahli bedah yang berpengalaman di Indonesia, maka pembedahan terhadap haemorhoid saat ini sudah termasuk salah satu jenis pembedahan ringan dan sangat sering dilakukan.

Ada 3 pilihan operasi untuk wasir yang umum dilakukan di Indonesia dan di dunia saat ini, dengan keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Bedah terdekat dikota Ibu, untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Mengenai pertanyaan Ibu, apakah operasi wasir dapat mengganggu hubungan suami istri, maka jawabnya adalah “ tidak”.

Sebaliknya setelah operasi dilakukan, dan kesehatan Ibu kembali pulih dan sehat maka tentunya kepercayaan diri Ibu akan meningkat dan kepribadian Ibu akan lebih terpancar sehingga hubungan dengan suami akan lebih harmonis lagi.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ebola sulit dikenali karena gejalanya mirip dengan penyakit infeksi lain, seperti flu dan malaria

Kenali Gejala Ebola, Penyakit Infeksi Virus yang Mematikan

Ebola termasuk infeksi yang langka, namun mematikan. Ebola sulit dideteksi karena gejalanya mirip dengan penyakit infeksi lain. Salah satu gejala yang membedakan adalah pendarahan yang dialami penderita.