Nyeri perut pasca operasi usus buntu, kenapa?

RL Info Penanya: RL, Wanita, 2020 Tahun
Assalamualaikum Dok, saya ingin bertanya. Anak saya usia 5thn baru saja melakukan operasi usus buntu. setelah pulang kerumah, kenapa perut tengahnya masih terasa sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RL.

Usus buntu adalah salah satu bagian dari sistem pencernaan. Jika terjadi peradangan usus buntu atau appendicitis, akan timbul gejala seperti nyeri perut di sebelah kanan bawah, mual, muntah, demam, yang disertai dengan peningkatan sel darah putih (leukosit). Penanganannya, dokter akan melakukan operasi untuk mengangkat usus buntu yang meradang tersebut.

Setelah menjalani operasi pengangkatan usus buntu, seseorang akan mengalami masa pemulihan rata-rata 4-6 minggu. Seringkali saat masa pemulihan seseorang masih mengalami gejala, misalnya gatal atau nyeri pada bekas luka. Adalah wajar apabila hal ini dialami pada hari-hari awal pascaoperasi. Seiring berjalannya waktu ketika bekas luka semakin pulih, rasa gatal dan nyeri berangsur-angsur menghilang.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, sayangnya Anda tidak menyebutkan kapan dilakukan operasi tersebut. Apabila masih pada hari-hari awal, Anda bisa memantau dulu rasa nyeri tersebut sambil tetap meminum obat yang diberikan secara rutin. Tetapi, apabila operasinya sudah lama dan nyeri masih ada, Anda dapat berkonsultasi kembali ke dokter yang mengoperasi. Nyeri yang saat ini dialami bisa berhubungan dengan operasi ataupun karena penyakit lainnya, seperti maag, hepatitis, atau gasteroenteritis.

Untuk sementara dalam masa pemulihan, disarankan untuk menjaga bekas luka agar tidak basah dan hindari menggaruk bekas luka tersebut. Hindari beraktivitas yang terlalu melelahkan dan konsumsilah makanan bergizi yang cukup protein. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan proses cabut gigi bungsu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda

Lakukan Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Gigi Bungsu

Gigi geraham bungsu (wisdom tooth) adalah gigi geraham terakhir yang tumbuh di belakang gusi dan menimbulkan rasa sakit pada gusi. Operasi gigi bungsu lebih kompleks ketimbang cabut gigi biasa. Persiapan medis hingga biaya operasi gigi bungsu penting untuk diketahui.