Luka operasi usus buntu tapi masih terasa sakit

RA Info Penanya: RA, Wanita, 16 Tahun
Halo dok!Saya mau nanya!kenapa ya saya Operasi usus buntu udh 1 Thun .tapi kenapa masih terasa sakit dan di ujung jahitannya sering terasa sakit(perih)apakah berbahaya ? apakah harus control ke dokter.sebab saya dulu ngak ada control siap Operasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Rasa nyeri pada luka bekas operasi terkadang memang masih bisa dirasakan, salah satunya proses penyembuhan luka. Tetapi jika sudah lebih dari 1 tahun masih terasa nyeri seringkali karena lokasi simpul dari jahitan.

Selain itu adanya rasa nyeri setelah beberapa lama dilakukan operasi usus buntu bisa terasa karena adanya masalah lain, yaitu:

  • Karena ada keloid di luka bekas operasi usus buntu
  • Adanya masalah otot
  • Adanya masalah pada saraf di sekitar bekas luka operasi
  • Adanya masalah lain seperti adanya perlengketan di organ dalam seperti penggantung usus ataupun lemak pada bekas luka operasi

Aktivitas fisik berat, adanya benturan, batuk lama juga bisa memicu masalah otot yang bisa menimbulkan keluhan rasa nyeri pada area perut atau area bekas operasi.

Jika timbul rasa nyeri bisa perhatikan apa pemicunya dan ada tidak keluhan lain yang timbul. Redakan rasa nyeri dengan mengompres bagian yang sakit dengan kompres dingin atau dengan air hangat, lakukan peregangan ringan, dan bisa konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol.

Jika sebelumnya tidak pernah kontrol dan rasa nyeri sering kali timbul, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter untuk dipastikan kondisinya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

TIndik telinga oleh ahlinya mengurangi risiko luka bernanah

Jangan Sembarangan Disentuh, Ini Cara Tepat Merawat Luka Bekas Tindik Telinga

Beberapa gejala infeksi pada luka bekas tindik telinga seperti keluarnya nanah, sensasi gatal dan terbakar, nyeri seperti ditusuk-tusuk, kemerahan dan bengkak, berdarah, atau area luka semakin luas. Penanganannya membutuhkan bantuan dokter.