22 Mar 2019, 06:37Penyakit Lainnya

Operasi untuk Kelainan Pada Tulang Paha Kanan yang Patah

HS
Info Penanya: HS, Pria, 24 Tahun
Salam sehat, dokter saya ingin menanyakan mengenai keadaan kaki saya. Sebelumnya saya pernah mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang paha di bagian kanan. Saya tidak dioperasi dan sekarang sudah dapat berjalan lagi. Namun, kaki saya sekarang menjadi panjang sebelah dan tidak bisa ditekuk. Apakah saya masih dapat dioperasi untuk mengembalikan kaki saya seperti sebelum kecelakaan? Terima kasih.
31152 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Bapak HS,Penyembuhan tulang paha yang tidak sempurna dapat menyebabkan komplikasi antara lain :
  • Komplikasi pada persendian – dapat terjadi kontraktur dan kekakuan sendi persisten, penyakit sendi degeneratif pasca trauma.
  • Komplikasi tulang, yaitu penyembuhan tulang abnormal (malunion, delayed union dan non union).
Mal union adalah keadaan dimana tulang menyambung dalam posisi tidak anatomis, bisa sembuh dengan pemendekan, sembuh dengan angulasi, atau sembuh dengan rotasi.Delayed union adalah proses penyembuhan patah tulang yang melebihi waktu yang diharapkan, hal ini berarti bahwa proses terjadi lebih lama dari batas waktu yaitu umumnya 3-5 bulan.Non union adalah keadaan dimana suatu proses penyembuhan patah tulang berhenti sama sekali dan penyembuhan patah tulang tidak akan terjadi tanpa koreksi pembedahan.
  • Komplikasi pada otot – miositis pasca trauma, ruptur tendo lanjut
  • Komplikasi saraf  contohnya Tardy nerve palsy
Gejala akibat komplikasi penyembuhan patah tulang paha yang tidak sempurna sama seperti yang Bapak alami saat ini.Dengan kemajuan Ilmu Kedokteran Orthopedi, saat ini kondisi Bapak dapat disembuhkan dengan melakukan operasi koreksi terhadap kelainan tulang ini segera mungkin. Bila operasi tidak dilakukan segera maka dikhawatirkan dalam waktu 5 tahun ke depan akan terjadi komplikasi yang lebih serius akibat ausnya bantalan sendi, sehingga menimbulkan kelainan pada daerah panggul, lutut, dan sampai ke tulang belakang.Sebaiknya Bapak segera mengunjungi Dokter Spesialis Orthopedi  dan Traumatologi (SpOT) untukberkonsultasi lebih lanjut. Salam Sehat
operasipatah tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil