Operasi tulang rahang wajah asimetris

EA Info Penanya: EA, Pria, 23 Tahun
Dear Dokter,Dok, apakah tulang rahang saya bisa dioperasi dengan pembedahan atau pemotongan, agar tampilan tulang rahang saya bisa berbentuk simetris lagi? Saya mempunyai bentuk wajah yang tidak simetris, dikarenakan tulang rahang kanan saya abnormal. Hal ini disebkan karena pola mengunyah saya dari kecil lebih aktif di sebelah kanan. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak EA,

Bentuk wajah yang tidak asimetris dapat disebabkan karena kebiasaan mengunyak pada satu sisi rahang saja, karena terlahir demikian atau karena trauma.

Keluhan yang timbul umumnya karena secara estetika tidak baik dan menyebabkan rendahnya rasa percaya diri, juga mengganggu dalam proses mengunyah makanan antar rahang dan gigi geligi.

Tindakan untuk tujuan koreksi kondisi ini adalah dengan operasi Rahang (Ortognatik) yaitu prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki tulang rahang, dan tampilan akhirnya memperbaiki simetri wajah.

Ada beberapa jenis tindakan operasi dari ringan sampai kompleks tergantung dari berat atau ringannya kondisi Bapak saat ini.

Untuk memperoleh informasi yang lengkap dan pemeriksaan menyeluruh sesuai kondisi Bapak sebaiknya mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Plastik, Rekonstruksi dan Estetik (SpBP RE) di Rumah Sakit yang memiliki  fasilitas lengkap antara lain memiliki fasilitas Craniofacial Center seperti di RSCM Jakarta, RS dr. Sutomo Surabaya dan RSPAD Jakarta.

Ikuti semua petunjuk Dokter, datanglah bersama orang tua atau anggota Keluarga yang dipercaya sehingga dapat berdiskusi lebih lanjut. Untuk setiap tindakan medis yang direncanakan sebaiknya pikirkan dengan matang dan bila diperlukan dapat mengunjungi Dokter lain untuk perbandingan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, penyebab nyeri punggung perlu Anda kenali

Nyeri Punggung Bawah: Kenali Penyebabnya!

Nyeri punggung bawah, yang disebut juga work related musculoskeletal disorders. Penyebab nyeri punggung bawah merupakan sindroma sakit nyeri yang ditimbulkan akibat pekerjaan atau aktivitas, dan lebih banyak terjadi pada laki-laki.