operasi sinus apakah dampaknya

KA Info Penanya: KA, Wanita, 30 Tahun
Hallo Dokter, tahun lalu saya diharuskan untuk operasi sinus karena lendir di daerah dahi dah dekat tulang hidup cukup banyak namun saya memilih tidak operasi karena takut. Nah sudah beberapa hari belakang kepala saya pusing dan daerah muka terasa sakit, pas periksa sinus saya kambuh. Lalu ke dokter dan beliau menyarankan untuk operasi. Saya mau tanya bahayakan sinus yang sudah akut tidak di operasi dan apa dampaknya? Terima kasih??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KA

Sinus berfungsi sebagai rongga yang mengatur keseimbangan kepala, mengatur kelembapan udara yang masuk di hidung, penyaring udara dan respon imunitas pada hidung. Radang sinus atau sinusitis dapat terjadi akibat sumbatan pada polip hidung, alergi dan radang hidung/rhinitis atau pembesaran konka anak hindung yang menhambat aliran drainase sinus sehingga akumulasi bakteri tertimbun didalam sinus sehingga terdapat akumulasi lendir pada sinus akibat bakteri. Selain itu sinusitis juga dapat dicetuskan dari infeksi dan gigi berlubang bagian atas yang menyebabkan penyebaran kuman gigi masuk ke rongga sinus hidung. kondisi ini dapat membuat nyeri kepala, pusing, gangguan keseimbanga, sulit bernafas di hidung dan mengganggu kualitas hidup.

Sinusitis yang berlangsung lama harus menjalani drainase pembersihan sinus dengan tindakan operasi yang minimal invasif, tindakan ini memiliki efek komplikasi yang rendah dan aman dengan cara operasi, sinus dibersihkan dari kuman dan timbunan lendir didalam rongga. Penyebab sinusitis seperti alergi rhinitis, gigi berlubang, konka hipertrofi dan polip hidung juga harus ditatalaksana agar sinusitis tidak berulang. 

Anda sebaiknya mengikuti anjuran dokter THT anda untuk operasi, karena sinusitis yang berlangsung lama dapat membuat penyebaran kuman bakteri sinus dekat ke otak, sehingga dapat membuat meningoensefalitis atau radang selaput otak. Kondisi tersebut akan lebih berbahaya dari sinusitis. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala-gejala sinusitis meliputi gejala utama, tambahan, dan gejala setelah komplikasi

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Penyakit Sinusitis dan Berbagai Gejalanya

Sinusitis adalah peradangan sinus paranasal dan rongga hidung. Kondisi ini dapat terjadi secara akut dan kronis, tergantung pada durasi terjadinya penyakit ini. Gejala utama sinusitis adalah hidung tersumbat dan ingus kental.