13 Feb 2021, 18:00Kandungan

Apakah steril setelah persalinan sesar dapat menggunakan BPJS ?

AN
Info Penanya: AN, Pria, 43 Tahun
Malam dok. Saya mau tanya .saya udah pumya anak ke 3. Kmrn istri sy melahirkan sesar Di RS di bali denpasar.. Sy kan mau sekalian steril kmrn. Kok sy di suruh bayar buat steril. Sedangkan saudara sy di jwwa pakai BPJS jg gak bayar steril . Kmrn sybtanya di loket katanya bisa gratis klu udah sesar trs ntr balik lagi. Kan kasihan masak istri sy dinoperasi 2 x ???
3115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Persalinan sesar adalah suatu cara bersalin yang dapat dipilih saat Ibu saat tidak dapat melahirkan secara normal karena kondisi Ibu yang tidak kuat mengedan, tekanan darah tinggi, panggul sempit, berat badan janin besar, pecah ketuban sebelum waktunya, letak plasenta yang menutupi jalan lahir. Melahirkan sesar memang tidak merasakan nyeri saat persalinan berlangsung namun dapat menimbulkan rasa nyeri luka bekas operasi hinggu berbulan-ulan bahkan dalam jangka waktu lama.

Apakah steril setelah persalinan sesar dapat menggunakan BPJS ?

Ibu yang sudah mempunyai 3 orang anak, terutama saat usia yang tidak lagi muda, dengan riwayat persalinan semuanya sesar dapat meningkatkan risiko jika hamil kembali. Ibu dapat menggunakan alat kontarsepsi yang ada sebagai pilihan, bisa juga menggunakan alat kontrasepsi permanen yaitu steril. Operasi steril dapat menggunakan BPJS namun syarat yang ditetapkan oleh rumah sakit berbeda-beda karena masalah klem dari pihak BPJS yang terkadang tidak dapat dilakukan secara bersamaan antara persalinan dan operasi steril.Anda dapat mengkonfirmasi secara langsung ke pihak BPJS dan rumah sakit sehingga menemukan titik penyelesaian masalah. Anda juga dapat bertanya melalui website BPJS online. Tetap jaga kesehatan terutama setelah bersalinan sehingga Ibu dan Bayi selalu dalam ekadaan sehat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bpjs ibu hamilkontrasepsipeserta bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil