15 Sep 2021, 15:34Penyakit Lainnya

Operasi prostat apakah bisa menggunakan BPJS?

SA
Info Penanya: SA0
Maaf dok... Mau tanya, apakah biaya operasi bisa dengan KIS? Sedangkan untuk biaya inap pakai umum. (Operasi prostat) Terima kasih
323 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Pembesaran jinak kelenjar prostat adalah pembengkakan kelenjar prostat yang dapat menyebabkan gangguan berkemih. Untuk itulah, umumnya keluhan ini dapat ditangani dengan obat maupun dengan tindakan operasi prostat. Untuk dapat melakukan operasi ini, dokter spesialis urologi umumnya akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengirimkan pasien melakukan operasi.

Rujukan untuk operasi prostat dengan BPJS

Untuk dapat menggunakan fasilitas BPJS yang terpenting adalah iuran setiap bulannya sudah dibayarkan teratur dan tidak ada denda sesuai dengan kelas fasilitas yang diambil di kartu. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan membawa kelengkapan data diri seperti KTP dan KK, untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan pertama (fakses I) yang tertera pada kartu KIS Anda. Dari faskes 1 ini, kemudian Anda akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar untuk dapat melakukan prosedur operasi lebih lanjut dengan dokter spesialis.Rujukan dari faskes I merupakan rujukan berjenjang dan Anda tidak dapat memilih rumah sakit yang sedang tidak tersedia di web misalnya karena jadwal dokter tidak ada atau lokasi terlalu jauh dari jangkauan. Sehingga jika Anda sudah memiliki rumah sakit tertentu yang Anda inginkan namun saat di faskes I rumah sakit tersebut tidak tersedia maka Anda tidak dapat memilihnya. Anda juga dapat melakukan kunjungan ke kantor BPJS jika masih ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
bpjs kesehatanoperasiprostat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil