Operasi pengangkatan tumor otak grade 3 apakah termasuk kanker dan bagaimana luka jahitan bernanah?

A Info Penanya: A, Pria, 2019 Tahun
Dok sebulan yg lalu istri saya menjalani operasi pengangkatan tumor di otak. Semuanya berjalan lancar tanpa kendala. Seminggu kemudian jahitan dibuka. Dan bagus hasilnya. Jahitan rapat dan cuma sedikit bengkak di kening. Namun saya kaget dok hasil tumor menunjukan grade 3, apakah itu termasuk kanker dok?Lalu bagaimana bila luka jahitan bernanah dok?Apakah itu umum terjadi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Tumor otak bisa berasal dari pertumbuhan sel otak itu sendiri akibat proses mutasi genetik atau berasal dari penyebaran dari sel kanker di tubuh bagian lain dalam istilah medis disebut metastasis. Tumor otak sendiri dibagi menjadi stadium 1 sampai 4. Semakin naik grade atau stadiumnya bisa dikatakan semakin ganas dan termasuk dalam kanker.

Beberapa gejala tumor otak diantaranya 

  1. Otot melemah dan mengalami kelumpuhan diantaranya adalah otot wajah
  2. Mengalami gangguan di gerakan serta sulit berbicara
  3. Mengalami mati rasa sehingga terkadang tidak bisa merasakan sensasi disentuh atau sakit.
  4. Disertai gangguan ingatan karena adanya masalah dengan sel saraf otak.

Metode jahitan di dalam operasi terdapat beberapa variasi. Metode jahitan dikerjakan dengan harapan agar bekas luka dapat tersambung dan segera kering. Pada bekas jahitan terdapat luka yang lama kering terutama pada penderita diabetes, nyeri dan luka bernanah dikarenakan adanya sel darah putih melawan bakteri disekitar kulit kepala. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis bedah agar mendapat penanganan lebih lanjut. Bersama ini saya sertakan artikel Infeksi luka pasca operasi untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh R
04 Nov 2019, 10:37
Terima kasih dok infonya, buat pengetahuan

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi SWL (Shock Wave Lithotripsy) dianggap paling efektif dalam menghancurkan batu ginjal

4 Jenis Operasi Batu Ginjal yang Bisa Anda Jalani

Operasi batu ginjal seringkali diperlukan pada kasus batu ginjal berukuran besar atau mengganggu fungsi tubuh lainnya. Ada empat pilihan operasi batu ginjal yang dapat diambil, operasi yang efektif menghancurkan batu ginjal berukuran kecil dan paling sering dilakukan adalah Shock Wave Lithotripsy (SWL).