Operasi microtia untuk perbaikan daun telinga

LD Info Penanya: LD, Pria
Bagaimana sistem operasi microtia
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LD,

Microtia adalah kelainan pada telinga baik pada satu atau kedua telinga. Kondisi yang ditimbulkan bisa membuat penampilan daun telinga tampak lebih kecil ataupun tidak sama sekali memiliki telinga luar atau daun telinga. Hal ini tampak pada stadium microtia yang terbagi pada 4 stadium dimana grade 1 daun telinga tampak normal tetapi lebih kecil dan grade 2, grade 3, grade 4 tampak lebih kecil lagi sampai tidak ada sama sekali daun telinga.

Tidak jarang pada garade 3 dan 4 dapat disertai atresia atau tidak ada saluran telinga yang juga bisa menimbulkan gangguan pendengaran pada anak karena malformasi pada tulang-tulang pendengaran. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari kelainan kongenital akibat kondisi ibu hamil yang mengalami diabetes, efek samping obat tertentu, aupan nutrisi yang kurang baik sebelum dan selama hamil seperti kekurangan asam folat dan karbohidrat, infeksi selama kehamilan ataupun juga karena faktor genetik.

Operasi microtia sendiri tergantung dari berat ringannya gejala yang timbul dimana apabila disertai atresia dan malformasi tulang pendengaran operasi dapat dilakukan dalam beberapa tahap. Operasi sendiri juga dilakukan dengan beragam teknik baik membuang jaringan telinga yang berlebih, ataupun membuat kanal atau saluran lubang telinga jika tidak ada. Untuk itu perlu dikonsultasikan pada dokter bedah atau dokter THT yang akan menangani penderita agar diketahui berat ringannya microtia yang timbul dan langkah penanganan yang akan dilakukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara untuk mencegah bibir sumbing karena faktor lingkungan adalah dengan mengonsumsi asam folat selama kehamilan

Asam Folat, Kunci Mengurangi Risiko Penyebab Bibir Sumbing

Penyebab bibir sumbing bisa karena faktor genetik maupun faktor lingkungan. Sebagai calon orangtua, salah satu cara mencegah terjadinya bibir sumbing pada bayi adalah dengan memastikan nutrisi saat hamil.