Operasi mata ikan, sampai sekarang masih sakit dan bengkak. Bagaimana solusinya dok?

T Info Penanya: T, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya mau tanya. Saya operasi mata ikan dari tanggal 20 Agustus, sampe sekarang masih sakit. Apakah memang lama ya sembuhnya? Dan setelah operasi ini, kok bekas lukanya masih nonjol (timbul) gitu ya? Apakah emang bengkak pasca operasi sampai sekarang atau terkena infeksi lagi atau tumbuh lagi atau bagaimana ya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T

Terima kasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Sebelumnya yang perlu diketahui, bagaimana cara tindakan operasinya? Apakah operasi biasa atau dengan cryo. Pada operasi cryo (dingin) mencegah tumbuhnya kulit baru di lokasi operasinya. Mata ikan berasal dari proses pertumbuhan lapisan kulit secara berlebihan di lokasi tertentu. Karena pada lokasi tersebut banyak mendapat gesekan antara berat badan dan alas kaki anda. Saran saya anda konsultasi kembali dengan dokternya untuk mendapat informasi lebih detail untuk perawatan setelah operasinya.

Kalau informasi dari saya mata ikan bisa berulang kembali di tempat yang sama atau tempat lain bila anda tidak mencegahnya. Bagaimana cara mencegahnya, dengan mengganti alas kaki anda menjadi yang lebih sesuai dengan kaki anda. Kemudian memberi larutan pelembab agar kulit anda tidak kering dan lebih lunak. Bisa juga dengan merendam kaki dengan larutan khusus dengan tujuan melunakkan kulit. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendengar musik metal ternyata mampu memberikan efek ketenangan kepada pendengarnya.

Karakter Musik Metal dan Dampaknya Bagi Kesehatan, Baik atau Buruk?

Musik metal mungkin tidak memiliki lantunan semerdu musik pop, klasikal atau jazz. Akan tetapi, ada dampak baik untuk kesehatan mental yang bisa Anda dapat ketika mendengar musik metal. Seperti apa dampak positif dari musik metal?