22 Nov 2020, 19:24Kepala

Kepala cekung sebelah setelah kecelakaan apakah bisa kembali seperti semula ?

IU
Info Penanya: IU0
Saya kan habis operasi kepala karna kecelakaan, setelah selesai di operasi kepala sebelah kiri saya kan lunak, apakah nanti bisa keras lagi kaya kepala bagian kanan saya? Apa tinggi nya juga bakal sejajar lagi kaya kepala bagian kanan saya? Karena bagian kiri agak rendah.
2536 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Pagi IU,Terimakasih atas pertanyaannnya.Kepala merupakan tempat dimana organ otak berada. Otak dilindungi oleh tulang tengkorak yang keras dan lapisan otot yang tipis serta jaringan lemak. Namun cedera otak apabila mengalami benturan yang keras, bisa cedera ringan bahkan berat hingga memerlukan tindakan operasi.Tindakan operasi dilakukan untuk memperbaiki fungsi otak sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan otak yang lebih parah. Tentunya untuk bisa melihat otak, tengkorak kepala harus dibuka dan pada beberapa kondisi tulang tengkorak dibiarkan terbuka untuk mencegah meningkatnya tekanan pada otak.

Defek kepala akibat benturan

Pada cedera kepala yang berat bisa terdapat adanya lekukan/cekungan akibat benturan keras pada tulang tengkorak yang disebut dengan istilah defek tulang kepala (Cranial Defect). Defek kranial dapat di rekonstruksi kembali dengan prosedur Cranioplasty oleh dokter spesialis bedah saraf namun setelah cedera sudah benar-benar pulih dan prosedurnya pun memiliki resiko tinggi serta membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Hal ini dapat didiskusikan dengan dokter spesialis bedah sarafLama penyembuhan pasca operasi tergantung dari tingkat keparahan cedera dan prosedur operasi yang dilakukan, serta metabolisme tubuh masing-masing penderita. Sebaiknya fokuskan diri dulu pada pemulihan dengan istirahat, makan makanan bergizi, minum obat teratur dan kontrol sesuai anjuran.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
cedera kepala beratcedera kepala ringancedera kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil