Apakah penyebab BAK berlebih?

CA Info Penanya: CA, Wanita, 28 Tahun
Mau tanya. Nenek saya usia 55th habis dioperasi pemasangan vp shunt. Setelah operasi pas dirumah itu urinnya 2 liter lebih. Sebelum operasi itu 1 liter lebih. Nenek saya juga diberi obat antihipertensi. Apakah ada hubungan antara pemasangan vp shunt dengan produksi urin? Atau peningkatan urin disebabkan karena di tangan nenek saya habis di infus itu bengkak besar sekarang mulai tidak bengkak lagi.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, C

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Buang air kecil merupakan suatu proses alami keluarnya urin dari dalam tubuh melalui saluran kemih. Secara normal baik pria maupun wanita akan mengalami BAK selama 5-8 kali dalam 24 jam (sehari) atau sekitar 1 liter - 1.8 liter. Buang air kecil yang berulangkali dapat disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan peningkatan frekuensi berkemih adalah:

Terkait dengan kondisi nenek Anda, keluhan buang air kecil yang cenderung lebih banyak bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti efek samping dari obat hipertensi (dengan jenis diuretik), saat dilakuakn rawat inap asupan cairan infusnya banyak, bisa karena nenek Anda mengonsumsi teh / kopi, terlalu banyak minum, atau kondisi yang lainnya.

Untuk dapat memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, sebaiknya kontrol kembali ke dokter spesialis bedah saraf terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai. Dokter mungkin akan merujuk ke dokter spesialis yang lain bila mana diperlukan.

Usahakan tetap mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari infeksi.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Arti kedutan pada hidung di antaranya adalah Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Ini Penyebab dan Arti Kedutan di Hidung yang Harus Diketahui

Kedutan di hidung sebenarnya merupakan kontraksi otot. Namun karena sering terjadi, kondisi ini kerap dikaitkan dengan mitos tertentu. Padahal, ada arti kedutan di hidung dari sisi ilmiah, lho!