Operasi kelenjar tiroid, apakah benjolannya bisa tumbuh lagi

YA Info Penanya: YA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanyaKakak sya sakit kelenjar tiroid dan tumbuh benjolan..minggu ini akan dilaksanakan operasi ..kira2 setelah operasi benjolanny akn hilang selamanya apa bisa tumbuh lagi? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YA

Operasi pengangkatan kelenjar tiroid ada yang sebagian atau seluruh kelenjar tiroid yang diambil. Keputusannya tergantung diagnosanya berdasarkan hasil biopsi atau pemeriksaan saat operasi. Bisa saja dokter mengambil tiroid dan kelenjar getah bening bila dicurigai pembesarannya bersifat ganas. Biasanya benjolannya tidak tumbuh lagi, karena kelenjar tiroidnya sudah tidak ada. Tapi bila sudah terjadi penyebaran maka bisa saja timbul gangguan di tempat lain.

Sebaiknya diskusi juga dengan dokter yang melakukan operasi, apakah diagnosanya, tujuan operasinya dan setelah operasi apakah memerlukan terapi pengganti hormon tiroid. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

YA
22 Aug 2019, 10:16
Setelah operasi makannya harus halus ya dok sprti bubur? Dan buah apa yg baik untk dikonsumsi pasca operasi ? Apakah harus diblender?
RA
23 Sep 2019, 00:52
Udah coba pake paketan tienshi belum pak? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja pak di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biaya operasi Caesar dengan indikasi medis dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Biaya Operasi Caesar Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Seperti halnya operasi besar lain, ada beberapa risiko pada persalinan melalui prosedur Caesar. Selain risiko tersebut, mungkin yang juga Anda pertimbangkan adalah biaya operasi Caesar. Namun tenang saja, BPJS Kesehatan menanggung biaya persalinan melalui prosedur Caesar.