Operasi kelenjar tiroid, apakah benjolannya bisa tumbuh lagi

YA Info Penanya: YA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanyaKakak sya sakit kelenjar tiroid dan tumbuh benjolan..minggu ini akan dilaksanakan operasi ..kira2 setelah operasi benjolanny akn hilang selamanya apa bisa tumbuh lagi? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YA

Operasi pengangkatan kelenjar tiroid ada yang sebagian atau seluruh kelenjar tiroid yang diambil. Keputusannya tergantung diagnosanya berdasarkan hasil biopsi atau pemeriksaan saat operasi. Bisa saja dokter mengambil tiroid dan kelenjar getah bening bila dicurigai pembesarannya bersifat ganas. Biasanya benjolannya tidak tumbuh lagi, karena kelenjar tiroidnya sudah tidak ada. Tapi bila sudah terjadi penyebaran maka bisa saja timbul gangguan di tempat lain.

Sebaiknya diskusi juga dengan dokter yang melakukan operasi, apakah diagnosanya, tujuan operasinya dan setelah operasi apakah memerlukan terapi pengganti hormon tiroid. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YA
22 Aug 2019, 10:16
Setelah operasi makannya harus halus ya dok sprti bubur? Dan buah apa yg baik untk dikonsumsi pasca operasi ? Apakah harus diblender?
Dibalas oleh RA
23 Sep 2019, 00:52
Udah coba pake paketan tienshi belum pak? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja pak di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi polip rahim adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim

Sulit Hamil Karena Polip Rahim? Atasi dengan Operasi

Polip rahim adalah salah satu penyebab wanita mengalami sulit hamil. Namun, tidak perlu khawatir karena untuk menghilangkan polip rahim, dapat dilakukan tindakan operasi polip yang akan membantu agar kehamilan dapat berjalan secara normal.