Operasi kelenjar prostat dengan penyakit yang tidak bisa diangkat

FS Info Penanya: FS, Pria, 25 Tahun
Selamat malam dok,bapak saya skrg lagi operasi prostat tapi setelah dibedah/disayat katanya penyakitnya gak bisa diangkat .jadi operasinya selesai dan gak menghasilkan apa apa,dan dokternya jg gak ada mau ngasih solusi hrs bagaimana atau hrs dirujuk RS mana.saya bingung hrs ambil langkah apa dok,apa gak masalah klau kami cari RS lain buat operasi lanjutan sementara jahitannya belum kering .tolong saran nya dok,trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FS,

Kelenjar prostat adalah kelenjar yang terdapat pada organ reproduksi pria yang berfungsi untuk memberikan energi dan memproduksi cairan pada sel sperma yang bersama air mani akan keluar ketika mengalami orgasme atau ejakulasi, kelenjar ini juga berfungsi mengatur saluran kemih saat ejakulasi sehingga tidak terjadi ejakulasi retrograde atau air mani masuk ke kandung kemih. 

Beberapa permasalahan yang bisa timbul pada kelenjar prostat diantaranya adalah pembesaran jinak kelenjar prostat atau disebut benign prostate hyperplasia (BPH), peradangan dan pembengkakan kelenjar prostat bisa ditimbulkan karena infeksi atau disebut prostatitis, dan juga keganasan pada kelenjar prostat atau kanker prostat.

Jika pada operasi prostat yang telah dilakukan operasi tidak selesai atau tidak tuntas, ada baiknya berkonsultasi mengenai kondisi apa yang dialami oleh orang tua Anda dan langkah penanganan selanjutnya. Untuk saat ini fokuskan terlebih dahulu pada pemulihan pasca operasi lalu setelahnya Anda dapat memeriksakan orang tua Anda pada dokter spesialis urologi lainnya untuk mencari opini kedua mengenai kondisi dan penanganan selanjutnya. Bukan tidak mungkin apabila terdapat keganasan atau kanker prostat maka tidak hanya dilakukan operasi tetapi juga dilanjutkan dengan kemoterapi atau radioterapi. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah pada urine tidak selalu terlihat dengan kasat mata, kadang-kadang dibutuhkan pemeriksaan laboraturium

Awas, Terlalu Keras Berolahraga Bisa Jadi Penyebab Kencing Berdarah

Penyebab kencing berdarah bisa beracam-macam, dari kondisi yang tidak serius hingga penyakit berbahaya. Kencing berdarah disebut hematuria dan keberadaan darah tersebut ada yang terlihat serta ada yang tidak terlihat.