Serba serbi mengenai operasi hecting kornea mata

SU Info Penanya: SU, Wanita, 39 Tahun
Selamat mlm dok...sy mau tanya anak sy habis operasi hecting kornea ..yg sy mau tanya obat anak sy habis sebelum masuk jadwalnya kontrol. Apa boleh tidak minumnya lgi sampai jadwalnya dtg..dan seberapa besar kemungkinan anak sy bisa melihat dok ? Dan sy juga mau tanya dok kemarwn kan anak sy operasi lewat biayaya umum .tpi klo mau buka jaitan apa boleh dok pakai jasa bpjs ..?tolong dok solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AA.

Operasi hecting kornea mata adalah metode operasi yang bertujuan untuk memperbaiki keadaan kornea mata yang robek akibat berbagai faktor sepeti trauma atau cedera. Sebelum dilakukan operasi dokter Mata umumnya akan melakukan pemeriksaan mendalam pada calon pasien dan akan mempertimbangkan risiko dan manfaat dari tindakan tersebut bagi calon pasien. Jika manfaatnya dinilai jauh lebih banyak dokter baru akan memutusakan melakukan operasi.

Mengenai pertanyaan Anda tentang obat pasca operasi yang habis sebelum jadwal kontrol perlu diidentifikasi terlebih dahulu obat yang diberikan berupa obat apa saja karena tidak dapat diputuskan dengan sembaragan untuk konsumsi lanjutannya. Ada baiknya untuk memajukan waktu kontrol apabila Anda khawatir. 

Terkait dengan masa pemulihan, dapat memakan waktu yang berbeda pada setiap individu, tergantung pada seberapa parah kondisi yang dialami sebelum operasi, dan hanya dokter Mata yaang menangani anak Anda yang dapat memberikan perkiraan peluang keberhasilan dari operasi tersebut. 

Apabila sudah diurusi BPJSnya mungkin pembukaan jahitan dapat di cover, namun perlu untuk dikonfismasi kembali karena kebijakannya dapat berbeda bergantung pada prosedur BPJS dan faskes tempat dilakukannya tindakan.

Untuk lebih lanjut, ada baiknya menjadwalkan kontrol lebih awal kepada dokter Mata anak Anda, sehingga pengobatannya tidak terputus dan Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai proses pemulihan mata anak Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

cara mengobati mata bintitan yang sudah lama dapat menggunakan teh celup

Kompres Teh Celup Sebagai Cara Mengobati Mata Bintitan yang Alami

Mata bintitan disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi mata. Cara mengobati mata bintitan yang sudah lama adalah menggunakan teh celup dan menjaga kebersihannya.