Kapan boleh hamil lagi paska operasi caesar?

IA Info Penanya: IA
Dokter saya mau tnyaKalau operasi cesar secara vertikal bisa hamil lagi dok dalam masa 6 bulan.Soalnya anak saya sebelumnya meninggal setelah beberapa jam d lahirkan.Terima kasih dok moga bisa di balas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Operasi caesar adalah metode persalinan yang dipilih bila karena satu dan lain hal seseorang tidak memungkinkan melahirkan secara per vaginam. Namun tentunya proses penyembuhannya akan lebih lama bila dibanding dengan persalinan normal, karena pada operasi caesar akan dilakukan sayatan pada otot-otot perut termasuk rahim.

Terlepas dari tipe sayatan vertikal atau horizontal, maka sebaiknya paska melahirkan secara operasi caesar, idealnya diperbolehkan hamil kembali setelah 18 bulan. Hal ini dengan pertimbangan untuk memberi waktu rahim melakukan proses pemulihan. Bila kehamilan dilakukan terlalu cepat maka akan berisiko untuk terjadinya robekan pada rahim. Karena rahim belum sepenuhnya sembuh namun terpaksa harus meregang lagi saat terjadinya kehamilan.

Terlebih bila sayatan operasi Anda vertikal atau tegak, maka sayatan melawan arah serabut otot, sehingga proses penyembuhannya akan semakin lama bila dibanding dengan secara horizontal.

Sebaiknya hindari hamil kembali dalam waktu cepat, untuk memberi waktu proses pemulihan rahim serta psikologis Anda. Selama masa tersebut, Anda bisa menjalankan pola hidup sehat agar sel telur Anda berkualitas baik, sehingga pada kehamilan selanjutnya bisa berjalan lancar.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda sudah siap hamil kembali.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil setelah 2 bulan sesar memiliki risiko yang cukup tinggi

Bisakah Hamil Setelah 2 Bulan Sesar? Ini Penjelasannya

Beberapa minggu setelah melahirkan dengan operasi sesar, Anda mungkin mulai dapat berhubungan intim kembali. Namun, terdapat pertanyaan bisakah hamil setelah 2 bulan sesar?