Operasi batu empedu kategori operasi besar dan dilakukan bypass. Apakah batu empedu bisa kembali lagi?

WN Info Penanya: WN, Wanita, 2019 Tahun
Aslm,Dok aku mau bertanya......di tahun 2015 aku prnh operasi batu empedu kategori operasi besarapa kah batu empudu itu bakal kembali lg walapun sebelum nya sdh pernah operasi baypas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WN 

Terima kasih atas pertanyaanya.

Batu empedu terbentuk dari kolesterol yang mengeras dan terbentuk di kandung empedu. Bisa jumlahnya hanya 1 atau bisa juga dalam jumlah banyak. Bila ukurannya kecil biasanya akan diberikan obat untuk meluruhkan batu empedu, namun bila tidak memungkinkan biasanya dilakukan endoskopi untuk mengambil batu empedu. Pada kasus berat dan kompleks akan dilakukan operasi untuk mengangkat batunya, empedunya atau membuat saluran tambahan dari empedu ke usus (bypass).

Faktor lainnya adalah perempuan, >40 tahun, obesitasi, kurang aktivitas, atau hamil dan mengkonsumsi banyak makanan berlemak, tinggi kolesterol dan rendah serat. Faktor genetik, diabetes dan gangguan liver / hati memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ahli Pencernaan atau Dokter Spesialis Bedah Digestif. Anda harus jaga kesehatan, makan teratur, istirahat yang cukup dan menjaga berat badan yang ideal. Saya mencantumkan artikel mengenai sakit perut kanan atas sebagai salah satu gejala peradangan empedu dan batu empedu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut sebelah kiri bawah salah satunya disebabkan oleh penyakit divertikulitis.

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Hati-Hati Divertikulitis

Sakit perut sebelah kiri bawah adalah gangguan yang salah satu penyebabnya divertikulitis. Rasa sakit muncul ketika divertikula terinfeksi atau mengalami peradangan.