23 May 2021, 22:17Kandungan

Obat penggemuk apakah bahaya untuk kehamilan?

YS
Info Penanya: YS0
assalamualaikum ,dok saya baru sudah berhngan intim 4 hari yang lalu,tpi saya makan obat gemuk racikan farmasi,saya blum tau apakh sya nnti hmil atau tidak,namun apa kah itu berbahaya untuk proses kehamilan dok?
35 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo Y,Obat penggemuk umumnya dapat memengaruhi hormon tubuh, cara kerja sebagian besar obat penggemuk adalah dengan cara menggemukkan badan dengan mempengaruhi hormon estrogen sehingga terjadi penyimpanan lemak tubuh di perut, pinggul, dan paha sehingga tubuh tampak lebih berisi.

Mengganggu hormon kehamilan

Meskipun saat ini belum tentu hamil, hentikan penggunaan obat penggemuk. Umumnya efek dari obat tersebut akan berangsur-angsur menghilang dalam beberapa hari. Jika sudah terlambat haid sebaiknya lakukan pemeriksaan tes pack untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Namun sebaiknya obat penggemuk tidak dilanjutkan jika saat ini Anda sedang dalam program hamil. Namun jika belum ingin mengalami kehamilan, sebaiknya lakukan KB saat sedang konsumsi penggemuk tersebut agar tidak mengganggu hormon jika sewaktu-waktu Anda hamil.Untuk meningkatkan berat badan secara alami yang aman untuk dilakukan saat sedang program hamil adalah perbanyak konsumsi lemak sehat, contohnya alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun serta perbanyak konsumsi protein, contohnya ayam, telur, dan daging. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hormon sekstes kehamilanmenggemukkan badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil