23 Sep 2021, 22:25Kulit & Kelamin

Apakah ada hubungan antara sering masturbasi dengan kanker prostat?

W
Info Penanya: W0
Dok apakah onani itu bsa mengakibatkan kanker prostat? Itu hoax apa fakta! Thx
503 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, WTerima kasih atas pertanyaannya.Masturbasi merupakan aktivitas seksual yang dilakukan sendiri guna mencapai kepuasan seksual.  Masturbasi yang terlalu sering dapat menimbulkan gangguan pada kelamin dan psikis.  

Risiko masturbasi terlalu sering :

  • Luka lecet pada kelamin yang apabila sering dialami maka dapat berkembang menjadi infeksi di kelamin yang lebih parah. 
  • Gangguan seksual saat sudah memiliki pasangan dalam hubungan intim.  Karena sudah terbiasa puas dengan masturbasi sehingga ketika hubungan intim tidak merasa puas. 
  • Kecanduan masturbasi dan pornografi yang menganggu psikologis.  Dimana akan timbul gejala sulit konsentrasi, lebih senang menyendiri dan merasa gelisah dan cemas ketika tidak melakukan masturbasi.  
Terkait hubungan masturbasi dengan kanker prostat, pada beberapa penelitian terlalu banyak ejakulasi karena keseringan masturbasi di usia muda dikatakan meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat di usia lanjut.  Namun di penelitan lain ada yang menyatakan bahwa hubungan ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut karena banyak juga yang menilai tidak ada keterkaitan langsung antara kebiasaan masturbasi dengan kanker prostat.  Jadi walaupun hubungan antara kanker prostat dan masturbasi masih abu-abu ada baiknya menghindari aktivitas masturbasi terlalu sering dan jaga kesehatan tubuh agar terhindari dari risiko kanker prostat. 

Cara mengurangi risiko terjadinya kanker prostat :

  • Perbanyak minum air putih. 
  • Pola hidup sehat dengan mengurangi makanan tidak sehat, perbanyak air putih, buah, dan sayur.  Kurangi kafein dan alkohol. 
  • Jaga berat badan seimbang. 
  • Rutin olahraga setiap hari.  
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit kelaminkelamin laki-lakikanker prostatmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil