20 Mar 2021, 01:10Kulit & Kelamin

Onani sehari tiga kali, apakah bisa mandul?

S
Info Penanya: S, Pria0
Dok saya mau tanya dong, seberapa parah sih kalo terlalu sering onani, contoh nya saya yang bisa dalam sehari sampe 2 atau 3 kali onani. Apakah bisa menyebabkan kemandulan dok lalu gimana caranya supaya bisa normal kembali tidak cenderung beronani. Mau nikah tapi saya belum punya pekerjaan, itu salah satu beban saya dok jadi saya lampiasin onani :(( Maaf yah dok kalo saya sedikit curhat. Tapi tolong di respon dok. Terimakasih
727 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, S.Onani adalah tindakan merangsang diri sendiri dengan atau tanpa alat bantu. Onani dapat dilakukan oleh siapa saja yang sudah mengalami masa pubertas, baik kaum wanita maupun pria. Pada pria, onani biasanya dilakukan dengan cara memberi rangsangan pada penis, dan diakhiri dengan proses keluarnya sperma (ejakulasi).Sebenarnya, apabila Anda belum menikah, onani memang merupakan salah satu cara yang ideal untuk melampiaskan nafsu. Memang benar, bahwa lebih baik melakukan onani ketimbang berhubungan seks di luar nikah dan berisiko penyakit menular seksual. Jadi, tidak apa-apa, asalkan tidak 'kecanduan' dan masih dalam frekuensi yang wajar (1-2 kali seminggu).

Risiko Kecanduan Onani

Sedangkan pada Anda, melakukan onani sehari sampai dengan tiga kali termasuk kategori kecanduan. Ini akan memicu beberapa risiko kesehatan, baik di masa kini maupun masa depan ketika sudah menikah nanti, seperti:
  • kehilangan konsentrasi dan fokus dalam melakukan aktivitas lain
  • cenderung mencari tempat sepi untuk onani, sehingga mengganggu kehidupan sosial
  • adanya luka atau lecet pada penis dan sekitarnya
  • berkurangnya sensitivitas penis
  • kualitas sperma yang menurun ketika dikeluarkan terlalu sering
Menjelaskan poin terakhir, kualitas sperma benar-benar bisa menurun karena pembentukan sperma pada pria membutuhkan waktu 48-72 jam. Apabila sebelum waktu tersebut Anda sudah memaksa mengeluarkan sperma, maka kualitasnya menjadi berkurang. Tentu saja, sperma yang tidak berkualitas dapat memicu infertilitas atau kemandulan di masa depan.

Cara Berhenti Kecanduan Onani

Mengingat dan mempertimbangkan risiko-risiko di atas, maka dianjurkan untuk Anda mengurangi frekuensi onani. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meniatkannya dengan sungguh-sungguh. Hapus semua konten pornografi pada telepon genggam Anda. Mulailah menyibukkan diri dengan olahraga dan hobi lainnya, agar energi Anda tersalurkan kepada sesuatu yang lebih positif.Anda juga dapat berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater apabila mengalami kesulitan dan membutuhkan dukungan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
seksmasalah infertilitasmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil