17 Dec 2020, 09:14Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi kecanduan masturbasi?

KW
Info Penanya: KW0
Halo dok Saya sangat sering melakukan onani gimana caranya agar saya bisa berhenti dari kebiasaan buruk ini? Dan saya ingin tes TNI Apakah saya Bisa lolos tes? Atau Akibat Onani Ini Saya Tidak Bisa ikut Tes TNI?
285 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, KWTerima kasih atas pertanyaannya,Onani atau masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan sendiri dengan merangsang kelamin untuk mencapai orgasme.  Masturbasi dapat dilakukan baik oleh pria ataupun wanita.  Masturbasi normal dilakukan dan tidak dilarang dalam medis namun sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik untuk kesehatan sehingga tidak dianjurkan masturbasi terlalu sering.

Risiko sering masturbasi :

  • Cedera pada kelamin
    Gesekan berlebihan dapat menimbulkan iritasi yang berpotensi terjadinya infeksi pada kelamin. Yang lebih parah akan menimbulkan penumpukan cairan yang berisiko penis bengkok.
  • Gangguan psikologis
    Pada beberapa pria, melakukan masturbasi dapat menimbulkan perasaan bersalah. Perasaan bersalah yang muncul terus menerus akan menimbulkan risiko terjadinya depresi.
  • Menganggu hubungan intim
    Akan ada perasaan tidak puas saat hubungan intim karena sudah terbiasa terpuaskan dengan masturbasi. Hal ini dapat menyebabkan disfungsi seksual.
  • Kecanduan masturbasi
    Keika seseorang menjadi malas aktivitas, sulit konsentrasi dalam bekerja dan hanya memikirkan masturbasi maka sudah masuk dalam tahap kecanduan.

Tips mengatasi kecanduan masturbasi :

  • Alihkan pikiran dengan lakukan akitivitas positif lain seperti olahraga, berkumpul dengan keluarga.
  • SIngkirkan barang-barang yang memicu ingin masturbasi seperti hal-hal berhubungan dengan pornografi.
  • Mengikuti kegiatan keagamaan, kegiatan yang melibatkan orang banyak sehingga mencegah memikirkan masturbasi.
Ketika kecanduan anda tidak dapat teratasi sebaiknya bicara dengan psikiater guna penanganan lanjutan.  Perihal tes masuk instansi, anda bisa tanyakan persyaratan apa  yang berlaku agar dapat lolos tes pada instansi terkait. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit kelamindisfungsi seksualmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil