11 Dec 2020, 06:44Penyakit Lainnya

Cara menghentikan ketagihan onani

PR
Info Penanya: PR, Pria, 16 Tahun
Pagi dok, saya mau bertanya dok bagai mana cara memeberhentikan onani dok saya ketagihhan teruss tappi pada saaat saya sudah mengekurakan onani tersebut saya dok suka mendekatkan diri ke pada allah tapi dok saya suka gitu lagi dok saya gk tau bagai mana haruss menangganinya dok mohon di jawab dok ?☹️
7439 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang PR,Onani adalah salah satu bentuk aktivitas untuk memuaskan hasrat seksual. Hal ini sebenarnya masih normal dilakukan, tetapi jika sampai ketagihan atau kecanduan bisa membuat beberapa masalah. Beberapa bahaya yang bisa terjadi apabila kecanduan onani diantaranya adalah:
  • Bisa mengakibatkan depresi dan kecemasan
  • Kehilangan fokus
  • Memilih untuk menyendiri agar bisa melakukan onani
  • Dapat menimbulkan masalah saat berhubungan seksual sebenarnya
  • Dapat menimbulkan perilaku seksual yang diluar kewajaran
  • Bisa menimbulkan rasa bersalah
  • Menyita waktu

Cara berhenti onani

Untuk bisa berhenti dari kecanduan onani, selain dengan mendekatkan diri pada tuhan bisa dilakukan beberapa upaya lain seperti dengan mengalihkan pikiran pada aktivitas yang lebih positif. Hindari apa yang bisa menimbulkan keinginan melakukan onani seperti misalnya persulit akses pada konten seksual atau pornografi. Coba ada aktivitas lain terutama yang melibatkan orang lain seperti ikut komunitas, olahraga rutin, aktif bersosialisasi. Jika masih tetap kesulitan ada baiknya bisa coba berkonsultasi pada psikolog atau dokter spesialis kedokteran jiwa/psikiater agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut seperti misalnya psikoterapi, terapi perilaku kognitif dan juga penanganan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah seksualseksmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil