Makanan atau minuman apa saja yang dapat meningkatkan kualitas sperma?

MA Info Penanya: MA, Pria, 40 Tahun
Selamat pagi dok. Mau nanya Makanan atau minuman apa saja yg bisa menumbuhkan kesuburan sperma. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, salah satu hal yang harus diperhatikan seorang pria adalah asupan nutrisinya. Banyak penelitian yang percaya bahwa makanan yang dikonsumsi seorang laki-laki akan berpengaruh pada kualitas sperma yang diproduksi dan peluang untuk memiliki anak.

Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma :

  1. Zinc
    Makanan yang mengandung zinc seperti tiram, daging merah dan unggas, kerang, seperti kepiting dan lobster, kacang-kacangan, produk gandum utuh dan susu.
  2. Asam folat
    Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, buah-buahan, seperti pepaya, pisang, dan alpukat, kacang-kacangan, makanan yang terbuat dari tepung misal roti dan pasta.
  3. Vitamin B-12
    Makanan yang mengandung vitamin B-12 seperti ikan dan makanan laut terutama kerang, daging dan unggas terutama hati, telur dan susu.
  4. Vitamin C
    Sebagai antioksidan yang penting, beberapa buah seperti jeruk, paprika, kiwi, stawberry, blewah, tomat, brokoli, kol, kentang dan kubis.
  5. Vitamin D 
    Juga dapat meningkatkan kadar testosteron, makanan yang dapat meningkatkannya adalah ikan salmon dan tuna, hati sapi, keju, kuning telur, yogurt dan jamur.

Beberapa makanan dapat di atas dapat dicoba untuk meningkatkan kualitas sperma Anda. Jika Anda dan pasangan meraa sulit untuk memiliki anak, ada baiknya berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan dan dokter andrologi untuk mencari tau penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jantung janin akan dicek oleh dokter perinatologi di tiap pemeriksaan prenatal

Kunjungi Dokter Perinatologi untuk Masalah Kehamilan Berisiko Tinggi

Dokter perinatologi khusus menangani kehamilan berisiko tinggi. Selain merawat calon ibu yang mengalami gangguan kesehatan, ia juga bertugas menjaga bayi baru lahir yang mengalami masalah medis.