Apa dampak negatif onani?

VI Info Penanya: VI, Pria, 22 Tahun
dok ijin bertanya saya kebiasaan onani terkadang semingu itu pernah 2 3x apa itu jelek dok ? itu pernah rutin selama 1 bulan lebih dok jadi tiap minggu nya di lakukan apa itu berdampak jelek dok? ..saya cuma merasakan lemas dok tetpi pas bangun tidur udah tidak apa doksakit di bagian p palingan cuma 1 hari aja dok gimana dok itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VI,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Onani atau masturbasi merupakan suatu proses perangsangan seksual pada alat kelamin secara sengaja yang bertujuan untuk memperoleh kepuasan seksual. Bentuk aktivitas yang dilakukan saat onani bisa bervariasi pada setiap individu. Bisa dengan menyentuh, memijat, mengelus, hingga menggesek alat kelamin baik dengan alat bantu maupun tidak. Faktanya terlalu sering onani juga dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan Anda.

Beberapa dampak negatif onani :

  • Luka pada alat kelamin
    Dapat menyebabkan timbulnya luka lecet, bengkak, dan nyeri pada area alat kelamin. 
  • Penurunan sensitivitas seksual
    Semakin sering seseorang melakukan onani, semakin tinggi pula standar yang diperlukan untuk mencapai kepuasan seksual. Hal ini tentu saja berpotensi mengganggu keharmonisan dengan pasangan.
  • Dampak psikis
    Dampak onani selanjutnya adalah membuat seseorang merasa bersalah setelah melakukannya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kondisi di lingkungan, seperti norma atau aturan yang berhubungan dengan aktivitas onani.

Melihat beberapa dampak negatif dari onani, sebaiknya Anda tidak melakukan onani terlalu sering, jika Anda mengalami kesulitan dalam menghentikan kebiasaan onani, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut ke psikolog atau psikiater.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara meningkatkan libido wanita dapat dilakukan dengan mengurangi stress

Kenali Cara Meningkatkan Libido Wanita yang Tepat dan Aman

Cara meningkatkan libido wanita cukup beragam. Mulai dari penggunaan resep obat, terapi hormon, konseling hingga mengatur pola hidup sehat, dapat dilakukan.