olahraga penyandang obesitas

A Info Penanya: A, Wanita, 26 Tahun
Jenis olahraga apa yang sebaiknya dilakukan oleh penyandang obesitas?Saya pernah mendengar bahwa orang dengan obesitas sebaiknya jangan berolahraga yang membebankan kaki, apakah betul?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Seseorang dengan obesitas diharapkan mampu menurunkan berat badan dengan tujuan mencegah berbagai komplikasi sindrom metabolik dan penyakit pembuluh darah jantung dan otak. Upaya menurunkan berat badan paling ideal dilakukan dengan defisit kalori melalui pengaturan pola makan dan melakukan olahraga. 

Untuk olahraga dapat dilakukan bertahap sesuai kemampuan dengan repetisi dan intensitas tinggi untuk membakar kalori, pilihan olahraga yang lebih membakar kalori adalah yang bersifat intensitas tinggi seperti jogging, bersepeda, aerobik. Latihan menggunakan beban di tempat fitnes juga bisa dilakukan dengan tujuan meningkatkan massa otot sehingga metabolisme tubuh lebih tinggi dan  pembakaran kalori dari glikogen dan  lemak lebih cepat, dengan harapan cadangan kalori terbakar dan berat badan turun.

Seseorang yang obesitas juga harus melakukan pengaturan diet defisit kalori dari biasanya, hal ini dapat dengan cepat membuat cadangan kalori glikogen dan lemak dikabar sehingga berat badan dapat turun. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat jus jeruk bisa dilihat pada penurunan kemunculan kembali batu ginjal

Ini Manfaat Jus Jeruk untuk Mengobati Batu Ginjal

Manfaat jus jeruk bisa dilihat pada penurunan kemunculan kembali batu ginjal. Jus jeruk dapat menangkal batu ginjal karena memilii kadar sitrat yang tinggi,