21 Nov 2020, 11:48Penyakit Lainnya

Mengapa lemas dan pusing saat diet?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 17 Tahun
dok, awal 2020 kmrn saya turun bb dengan olahraga dan menjaga makan, lalu sy sempat berhenti di pertengahan 2020, akhir akhir ini saya mencoba untuk diet tp tidak pernah kuat, seperti setiap hari tuh sy harus makan nasi, serta saya jadi tidak kuat lg untuk olahraga, jadi semakin sering pusing dan badan terasa berat, gimana ya biar saya dpt melakukan diet? saya juga punya riwayat sakit maag
451 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, STerima kasih atas pertanyaannya.Menurunkan berat badan selain mengatur pola makan dan olahraga, perlu niat dan tekad yang kuat untuk mencapai berat badan ideal.  Apabila seseorang yang melakukan diet tapi malah membuat lemas maka ada yang keliru dalam melakukan diet.

Penyebab lemas saat diet :

  • Jarak makan yang terlalu lama
    Waktu yang dianjurkan untuk mendapat asupan makana adalah 2 jam. Lebih dari itu akan menurunkan kadar gula dalam darah sehingga timbul lemas. 
  • Menu sarapan yang tinggi gula
    Sarapan roti, nasi, bubur memiliki kadar cukup tinggi sehingga mudah dicerna dan cepat membuat perut kosong.
  • Dehidrasi
    Pada orang diet terkadang lupa minum air putih sehingga asupan cairan sedikit dan dapat menimbulkan lemas dan pusing.
  • Konsumsi daging
    Daging tetap diperlukan untuk tubuh dalam meningkatkan asupan zat besi. Pilih daging bebas lemak saat dikonsumsi.
  • Karbohidrat yang kurang
    Nasi memang menjadi faktor utama kenaikan berat badan namun pengurangan asupan karbohidrat yang terlalu drastis dapat menurunkan sumber energi yang menjadi penyebab lemas.
Apabila anda sulit untuk memulai mengatur pola makan dan olahraga kembali, maka rubah pola diet sesuai dengan kondisi anda saat ini.  Anda dapat berkonsultasi dokter gizi untuk panduan diet yang lebih lengkap.

Pola makan yang dianjurkan pada riwayat maag :

  • Makan dengan porsi lebih kecil dengan intensitas waktu yang lebih sering.
  • Hindari berbaring setelah makan.
  • Konsumsi buah dan sayur yang rendah asam.
  • Olahraga dilakukan bertahap mulai dari yang intensitas ringan seperti bersepeda, jalan pagi.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
olahragamakanan sehatmakanan dietmenurunkan berat badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil