Olahraga aman untuk ibu hamil

RM Info Penanya: RM, Wanita, 27 Tahun
Dear Dokter,Kandungan saya sudah masuk usia 6 bulan, olahraga jenis apa yang aman untuk ibu hamil seperti saya ?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu RM,

 

Kehamilan bukan hambatan untuk melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi kehamilan dan kesehatan ibu dan janin, malah olah raga dianjurkan untuk Ibu hamil karena dapat memberikan manfaat yang baik untuk kehamilan dan melahirkan.

 

Sebelum melakukan olahraga apapun sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter Kandungan langganan Ibu. Untuk saat ini dilihat dari Berat Badan Ibu dan usia kehamilan, sangat mungkin  berat badan ibu agak kurang untuk kehamilan usia 6 bulan atau 24 minggu, jadi saran kami sebaiknya periksa kondisi bayi dan perkembangan bayi Ibu ke Dokter.

 

Olahraga yang dianjurkan untuk Ibu hamil adalah antara lain :

  • Jalan santai, minimal 15 menit sehari dapat ditingkatkan sampai 20 menit dalam waktu minimal 3 kali seminggu. Jalan dapat dilakukan di lapangan, sekeliling rumah atau sambil “cuci mata” di mall.
  • Yoga dan Pilates khusus untuk Ibu hamil, harus dalam pengawasan pelatih yang berpengalaman dan tidak dianjurkan untuk Ibu yang belum pernah melakukan olah raga ini sebelumnya
  • Berenang dalam pengawasan suami atau orang yang dapat dipercaya

 

Persiapan yang dilakukan sebelum berolahraga adalah :

  • Pakai baju olahraga yang nyaman dan dari bahan yang menyerap keringat
  • Pakai sepatu olahraga yang nyaman
  • Pakai bra khusus untuk berolahraga dan pasti dapat menopang payudara Ibu hamil
  • Pakai korset khusus Ibu hamil untuk menahan perut sehingga mengurangi tekanan dan goncangan saat ibu beraktifitas
  • Sediakan air dan handuk kecil
  • Pastikan tidak berolahraga seorang diri
  • Dengarkan musik yang menenangkan saat beraktifitas

 

Manfaat yang diperolah oleh Ibu hamil dengan melakukan olahraga saat hamil adalah :

  • Otot kuat dan pernapasan teratur sehingga mempermudah saat Ibu menjalani proses melahirkan secara normal
  • Mencegah pertambahan berat badan yang berlebihan pada ibu dan janin
  • Mencegah depresi saat kehamilan dan depresi paska melahirkan
  • Menenangkan jiwa Ibu dan bagus untuk perkembangan jiwa janin
  • Mencegah komplikasi saat kehamilan seperti muntah berlebihan, hipertensi saat kehamilan, Diabetes saat kehamilan

 

Ibu dilarang untuk melakukan olahraga bila mengalami kondisi berikut ini :

  • Kehamilan yang direncanakan dan sulit seperti proses bayi tabung dan sejenisnya
  • Pernah mengalami keguguran berturut-turut sampai 2 kali sebelumnya
  • Posisi plasenta letak rendah
  • Perdarahan per-vagina
  • Kontraksi berlebihan dan memerlukan bedrest total atau pengobatan rutin
  • Hamil dengan penyulit penyakit lain seperti Hipertensi, Diabetes, Asthma Bronkhiale, sakit jantung, dll
  • Kandungan lemah dan leher rahim lemah

 

Olah raga harus segera dihentikan atau Ibu memerlukan penanganan khusus segera bila kondisi berikut dialami :

  • Sesak napas
  • Dehidrasi berat
  • Kaku otot dan kram
  • Sakit kepala berat
  • Pingsan
  • Kontraksi / kram kandungan
  • Keluar darah atau cairan bening dari jalan lahir

 

Ingatlah untuk selalu melakukan kontrol rutin ke Bidan atau Dokter Kandungan (SpOG) langganan Ibu setiap bulan untuk memantau dan memastikan kondisi Ibu dan janin selalu baik sampai saatnya melahirkan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil sebaiknya menghindari penggunaan maskara

7 Tips Menggunakan Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil mempunyai kulit yang lebih sensitif sehingga harus cermat memilih kosmetik yang aman. Beberapa tips ini bisa diikuti ibu hamil dalam menggunakan kosmetik, salah satunya memilih pelembap bebas minyak.