Olahraga aman setelah operasi caesar

EW Info Penanya: EW, Wanita, 24 Tahun
Selamat pagi Dokter,Empat bulan yang lalu saya melahirkan secara caesar dan saat ini sudah mulai berolahraga, yang saya lakukan adalah Hiit Cardio dan ingin mencoba memakai beban seperti dumbel seberat 4kg. Apakah aman untuk saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu EWS,

Selamat untuk kelahiran Putranya, semoha bayi dan Ibu selalu dalam kondisi sehat.

Setelah melahirkan maka wanita normal dapat melakukan olahraga ringan dengan patokan umum sebagai berikut :

  • Satu sampai dua minggu untuk melahirkan pervaginam (melahirkan normal)
  • Tiga sampai empat minggu untuk melahirkan caesar

Untuk kembali pulih seperti sebelum hamil, maka Ibu harus secara bertahap melakukan rutinitas latihan, dan ikuti petunjuk Dokter. Contohnya bila sebelum hamil Ibu rutin melakukan Hiit cardio 30 menit dalam sehari, maka sebaiknya dimulai dengan jalan kaki ringan selama 30 menit saja kemudian naikkan intensitas latihan secara bertahap. Untuk pemakaian dumbel sebaiknya dimulai dengan ukuran 1kg.

Namun untuk berat ringannya jenis latihan yang dapat dilakukan, sebelumnya Ibu harus melakukan konsultasi dengan Dokter Kandungan yang merawat Ibu selama ini.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko terhadap penyakit gula bisa ditekan dengan rutin melakukan aktivitas fisik

Jalani Pola Hidup Sehat untuk Hindari Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit kencing manis atau sakit gula diakibatan oleh tingginya kadar gula darah. Pasien diabetes memang wajib membatasi bukan hanya gula, melainkan total kalori yang dikonsumsi dan menjalani pola hidup sehat.