16 Mar 2021, 23:01Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan orangtua terkena stroke ?

SS
Info Penanya: SS0
Dokter saya ingin,bertanx mengenai mama saya yg sdh mnum 5 mcm obt kronis furosemid 40mg,spironolacton25 mg,nitrokaf 2,5mg,candesartan 16mg,gliquido 30mg. sdh 10 bln di stop oleh mama yg jarang2 di mnum hnya candesartan & qliquidon akhirx bln desember /021 ma2saya akhirx kena stroke tdk sdrkan diri namun beberpa wkt kmudian ble sdr namun penglihatnx sdh amt parah sulit unk meliht & smpai saat inipun msk klr RS. Pertanyaan:apakah bisa unk dimnum kmbli obt2 kronis trsbt & apakah berefek..?
193 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Saat orangtua sakit terutama seorang ibu yang telah membesarkan dan merawat anaknya dengan baik, membuat anak merasa sangat sedih, terpukul, takut, berusaha bagaimana agar Ibu segera sembuh, beraktifitas normal kembali, berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat dan bahagia.

Apa yang menyebabkan orangtua terkena stroke ?

Stroke merupakan salah satu penyakit yang ditakutkan namun sebagian orang banyak abai terhadap kesehatannya, termasuk tidak meminum obat secara teratur. Gejala stroke dapat berupa penurunan kesadaran, mual, muntah hebat, nyeri kepala, kelemahan sebagian badan, bicara pelo hingga kehilangan penglihatan. Penyebab stroke karena banyak faktor antara lain :
  • Tekanan darah tinggi tidak terkontrol.
  • Gula darah tinggi (diabetes militus).
  • Penumpukan kolesterol di dalam darah.
Selain itu faktor risiko seseorang terkena stroke antara lain obesitas, merokok, kurang aktifitas fisik, riwayat stroke sebelumnya dan di keluarga, riwayat gangguan jantung.Obat-obatan yang Ibu Anda konsumsi sebelumnya merupakan obat jantung dan darah tinggi, dimana jika obat ini tidak diminum dengan teratur, membuat fungsi jantung semakin berat serta mencetuskan stroke.Namun, untuk konsumsi obat kembali, Anda perlu konsultasi secara langsung ke dokter spesialis jantung dan dokter saraf agar dosis yang digunakan tepat sehingga keluhan Ibu Anda segera berkurang dan pulih kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gejala strokepenyakit jantungpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil