25 Dec 2020, 10:42Kandungan

Gejala dan tanda seseorang wanita yang sedang hamil

DJ
Info Penanya: DJ0
Selamat pagi dok,saya sudah telat haid sudah 1 bulan 4 hari,1 bulan terakhir ini saya tidak nafsu makan,Pusing,mudah lelah,Mual,tadi pagi saya melakukan testpack Dan hasilnya dua garis Jelas tapi agak buram,Dan Selang beberapa jam Ada flek keluar dari vagina saya itu tanda nya apa ya dok?
629 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Keluhan telat haid lebih dari siklus menstruasi normal yang Anda alami memang dapat disebabkan oleh kehamilan. Selain telat haid, kehamilan dapat disertai dengan gejala mual dan muntah sepanjang hari, namun lebih dirasakan saat pagi hari yang disebut dengan morning sickness. Mual muntah ini diakibatkan peningkatan hormon HCG pada trimester awal kehamilan.

Gejala dan tanda seseorang wanita yang sedang hamil

Gejala dan tanda seseorang wanita yang sedang hamil dapat berbeda-beda, namun gejala yang sering muncul antara lain :
  • Seorang Ibu hamil trimester awal maupun saat janin sudah membesar pada trimester ketiga memberikan gejala ingin terus kencing walau minum sedikit dan urin yang dikeluarkan juga sedikit. Keluhan ini disebabkan penekanan kandung kemih oleh rahim.
  • Perubahan pada payudara seperti daerah aerola dan puting payudara semakin hitam, diikuti pembesaran pada payudara. Payudara juga dapat terasa nyeri dan lebih sensitif terhadap sentuhan.
  • Gairah seksual yang berkurang pada kehamilan awal karena perubahan hormon. 
  • Keluarnya flek kecoklatan akibat proses penempelan janin pada kehamilan sekitar 4 hingga 6 minggu. Flek kecoklatan ini bisa sedikit ataupun banyak, dan dapat diikuti keram ringan pada perut.
  • Ibu hamil menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung. 
Keluhan yang Anda alami berupa tidak nafsu makan, pusing, mudah lelah, dan mual dapat dikurangi dangan mencoba untuk makan dalam porsi kecil setiap 3 jam. Hindari makanan yang terlalu asam, pedas, dan beraroma menyengat. Ibu hamil juga tidak boleh minum teh atau kopi terutama setelah makan karena dapat mengganggu penyerapan zat besi. Konsumsi vitamin kehamilan seperti asam folat dan zat besi masing-masing 1 x 1 tablet setelah makan, serta obat mual vitamin B 6 3 x 1 tablet dalam sehari. Saat keluar flek kecoklatan Anda harus istirahat total, jangan melakukan aktifitas berat terlebih dahulu, dan hindari pula berhubungan seksual saat flek berlangsung. Jika flek kecoklatan terus dirasakan disertai keluhan nyeri perut, dan keluar sebagian atau seluruh jaringan janin, segera ke dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilankeguguranflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil