Apa obat virus corona?

N Info Penanya: N, Wanita, 29 Tahun
dok mau tanya, kan sekarang di Indonesia udah banyak yang kena corona dan dirawat di RS. sebenernya, selama di RS orang yg kena corona itu diobatinnya pakai apa sih dok? kok saya kemarin lihat diberita katanya ga dikasih obat apa-apa? kalau begitu apa benar bisa sembuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Virus Corona merupakan virus baru yang menular ke manusia.Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir deember 2019 dan telah cepat menyebar ke wilayah lain di Cina dan beberapa negara. Coronavirus merupakan kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernafasan. Gejala umum yang di timbulkan dari coronavirus adalah demam, batuk dan sesak nafas.

Penularan virus corona adalah tidak sengaja terkena percikan ludah dari bersin atau batuk pasien virus corona, memegang mulut, hidung atau mata tanpa cuci tangan, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur pasien virus corona, kontak jarak dekat dengan pasien virus corona, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin yang mampu mengobati atau mencegah infeksi virus corona, pengobatan yang dilakukan di Rumah Sakit adalah isolasi bertunjuan untuk mencegah penyebaran virus corona, foto thorax untuk melihat gambaran rongent dari infeksi, terapi simptomatik berdasarkan gejala yang di keluhkan pasien, terapi cairan seperti infus, antibiotik bila disertai infeksi bakteri.

Meski belum ditemukan vaksin virus corona, anda dapat meminimalkan risiko terkena virus corona dengan cara :

  • Mencuci tangan dengan air dan sabun minimal selama 20 detik
  • Menggunakan masker jika Anda sedang sakit
  • Memperbanyak air putih dan konsumsi makanan yang bergizi
  • Beristirahat cukup
  • Tidak menyentuh mata , hidung dan mulut dengan tangan yang kotor
  • menghindari kontak dengan orag yang sedang batuk dan demam

Segera ke dokter atau ke IGD Rumah Sakit jika Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas, terutama jika muncul 2 minggu setelah Anda kembali dari Cina atau negara lain yang positif terinfeksi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu biasa sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Gejala Coronavirus dan Flu Biasa

Perbedaan gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu bisa dikenali dari gejala klinis kedua penyakit ini. Kenali perbedaannya di artikel ini agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat.