Obat untuk menyembuhkan alergi dingin, sudah menggunakan obat yang biasa digunakan. Tapi belum sembuh?

WP Info Penanya: WP, Wanita, 21 Tahun
Selamat sore dok, saya mau tanya obat yang bisa nyembuhin alergi dingin apa ya dok? Saya sudah coba minum obat cetrizine dan dexamethasone juga tapi tidak sembuh-sembuh padahal waktu dulu juga pernah ngalamin seperti ini saya minum obat cetrizine terus bisa sembuh kenapa sekarang tidak sembuh-sembuh ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WP

Suatu kondisi alergi akibat reaksi yang berlebihan dari tubuh terhadap suatu alergen. Alergen adalah sesuatu yang bisa memicu alergi, bisa berupa udara dingin, debu, susu, kacang, telur, bulu binatang dan hal lainnya. Tergantung dari masing-masing individu. Alergi juga sifatnya berkembang, misalnya anda pertama kali makan udang tidak alergi, setelah beberapa kali makan udang mulai timbul gatal dan merah pada kulit. Bila anda tetap makan udang maka selanjutnya bisa sampai bibir bengkak, nafas sesak, diare atau gejala lainnya.

Penggunaan obat anti alergi juga tergantung dari berat gejala. Ada kemungkinan anda memerlukan obat yang lebih baik atau dosis yang lebih tinggi. Cara yang paling baik mengatasi alergi adalah menghindari penyebab alerginya. Mungkin suhu udara di ruangan bisa lebih hangat atau menggunakan pelembab ruangan. Bila anda bepergian keluar, bisa menggunakan pakaian lebih tebal.

Anda juga dapat konsultasi dengan Dokter untuk evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Sering Alergi, Efektifkah Mengetahui Pemicunya dengan Tes Alergi?

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat gerakan shalat sangat baik untuk kesehatan tubuh

Menakjubkan, Ini 8 Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan

Manfaat gerakan shalat membuat aliran darah lebih lancar, persendian kian sehat, bahkan kemampuan kognitif otak terjaga.