16 May 2021, 12:29Kulit & Kelamin

Jerawat tak kunjung membaik, apa yang sebaiknya dilakukan?

MA
Info Penanya: MA0
Dok, ijin bertanya. Saya laki laki umur 19 tahun, saya memliki kulit yang berjerawat, saya sudah mencoba berbagai pengobatan dan perawatan kulit (skincare) untuk mengobati jerawat saya tapi tidak kunjung sembuh. Banyak dokter mengatakan hal ini karena hormon saya yg berlebihan. Apakah ada obat yang dapat mengurangi hormon testosteron saya yg berlebih, lalu apakah ada efek samping dari konsumsi tsb? Lalu hal apa saja yang dapat mengurangi jerawat saya ? Terimakasih
106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, MTerima kasih atas pertanyaan AndaJerawat adalah kondisi sata terjadi peradangan kulit dengan berbagai penyebab mulai dari pengaruh hormonal, adanya peradangan karena tersumbatnya kelenjar minyak, dan lain sebagainya. Jerawat bisa muncul di wajah, leher, punggung atau pahkan pada dada. Kondisi ini umumnya terjadi pada usia remaja, namun bisa juga terjadi pada usia dewasa.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah:

Terkait dengan apa yang Anda alami, beberapa penyebab jerawat dan acara untuk mengatasi jerawat telah disampiakn di atas. Bila jerawat Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat agar mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Sedangkan, terkait dengan pengaruh hormonal, umumnya akan membaik setelah melewati usia remaja. Selain itu, hormon testosteron sendiri cukup berepan penting untuk kesehatan reproduksi pria. Mengurangi kadar hormon tersebut bisa berpengaruh terhadap kesuburan pria. Oleh karena itu, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter kulit, bila dirasa perlu menggunakan terapi hormon, maka dokter akan mempertimbangkan sesuai dengan kondisi Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil