obat untuk menghilangkan bekas eksum kulit kering yang menghitam

YP Info Penanya: YP, Wanita, 2019 Tahun
obat apa yang harus saya pakai untuk bekas eksim kulit kering yang menghitam,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YP

Bekas eksim yang menghitam dan kering adalah kondisi hiperpigmentasi kulit yang terjadi akibat proses penyembuhan dari peradangan kulit pada kondisi apapun baik akibat reaksi alergi , infeksi  jamur dan bakteri pada kulit. 

Untuk menghilangkan bekas hitam membutuhkan waktu yang sedikit lama sampai proses pertumbuhan kulit baru dan regerasi sel, biasany dapat memakan waktu hingga 1 tahun. 

Terdapat beberapa upaya untuk menyamarkan lesi hitam hiperpigmentasi tersebut seperti penggunaan keratolitik asam salisisilat, retinoid, preparat tar. Selain itu untuk juga dapat diberikan pelembab emolien seperti vaselin album untuk kulit yang kering. 

Anda juga sebaiknya sering mengkonsumsi air, menghindari paparan sinar matahari karena dapat membuat bercak hiperpigmentasi bertamba dan mengkonsumsi antioksidan untuk kulit seperti vitamin c dan e. Selain itu anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketika kondisinya parah, kulit tangan mengelupas bisa saja memicu penurunan rasa percaya diri

9 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas: Faktor Lingkungan Hingga Penyakit

Kulit tangan mengelupas umumnya bukan disebabkan oleh masalah kesehatan serius. Misalnya karena terlalu sering mencuci tangan, faktor iklim, mengisap jari, dan lain-lain.