Obat untuk mengatasi kuku yang terkena deterjen?

PA Info Penanya: PA, Wanita, 17 Tahun
Cara mengatasi /obat buat kuku yg terkena deterjen Kek cantengan gitu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kuku yang terkena deterjen akan mengalami kerusakan dengan proses yang sama dengan akibat infeksi jamur atau iritasi mekanis seperti akibat pemakaian sepatu atau cedera. Tergantung seberapa berat kerusakan jaringan kuku apakah masih bisa menggunakan salep dan obat ataukah sudah memerlukan dicabut kuku yang sudah rusak. Setelah dicabut kuku akan tumbuh kembali seperti semula setelah beberapa minggu.

Untuk mencegahnya Anda dapat merendam kuku dalam air hangat selama 15 menit agar tidak mengeras dan mengurangi radang pada jari kaki, gunakan kaos kaki dan sepatu yang tidak terlalu ketat. Hindari juga pemakaian sepatu hak tinggi yang memberikan tekanan pada jari kaki. Lama kelamaan kuku bisa mengalami infeksi sekunder sehingga ada kemungkinan memerlukan salep antibiotik untuk mengatasinya. Oleh sebab itu sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Saya lampirkan juga artikel yang bisa Anda baca mengenai cantengan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.