Obat untuk mengatasi biduran jangka panjang

L Info Penanya: L, Wanita, 35 Tahun
Selamat siang dokter. Saya sudah dikasih CTM tapi biduran tetap muncul udah hampir 2 bulan. ada obat lain yang bisa mencegah atau menghilangkan biduran tidak ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Biduran adalah reaksi kulit berupa bentol kemerahan dan gatal. Biasanya dipicu oleh berbagai hal seperti reaksi alergi atau gigitan serangga. Namun, biduran juga  dapat bertahan lebih dari 6 minggu atau sering berulang dan menjadi menahun. Kondisi tersebut dinamakan urtikaria kronik.

Cara mengobati biduran adalah:

Jika pada biduran akut, dapat diatasi dengan minum obat antihistamin non-sedatif selama beberapa minggu. Obat jenis ini pun dapat menyebabkan kantuk, terutama apabila diminum oleh orang yang juga mengonsumsi alkohol. Sedangkan pada biduran kronis, disarankan untuk Anda berobat ke dokter spesialis kulit. Dokter umumnya akan meresepkan antibiotik, obat berbahan omalizumab dengan cara disuntikkan. Obat tersebut akan membantu mengurangi produksi antibodi, yang berperan dalam reaksi alergi di tubuh.

Obat CTM yang Anda konsumsi merupakan obat antihistamin yang digunakan untuk mengurangi gejala alergi, gatal-gatal, demam, dan flu. Perlu diwaspadai efek samping dari mengonsumsi CTM, yaitu: mengantuk, pusing, sakit kepala, sembelit, sakit perut. Dan obat ini kontraindikasi terhadap anak dibawah 2 tahun, bayi baru lahir, bayi prematur. Selain obat, Anda bisa mengurangi biduran dengan bedak salicyl acid, mengompres dengan air dingin, dan jika Anda alergi dingin, Anda dapat mencampurkan baking soda ke air mandi.

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa gatal dan bentol pada kulit akibat biduran disebabkan oleh infeksi virus atau alergi terhadap makanan atau obat-obatan

Cara Tepat Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Biduran

Biduran adalah reaksi kulit berupa bentol kemerahan dan gatal karena alergi atau gigitan serangga. Rasa gatal dan bentol yang muncul dan tak kunjung sembuh dapat diatasi dengan obat antihistamin non-sedatif untuk biduran akut dan antibiotik untuk biduran kronis,