Obat untuk mata juling (strabismus)

AQ Info Penanya: AQ, Pria, 27 Tahun
Dok. mau tanya obat mata juling ada ya dok??????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AQ.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Mata juling atau yang dalam bahasa medis disebut dengan strabismus merupakan kondisi dimana kedua mata tidak sejajar. Kondisi ini dapat terjadi pada semua umur namun dengan penyebab yang berbeda. Pada anak umumnya disebabkan oleh kerusakan saraf atau kelemahan otot di sekitar mata. Pada dewasa dapat disebakan oleh penyakit yang mendasari seperti cerebral palsy, stroke, trauma atau cedera pada mata akibat benturan serta mata malas.

Pengobatan untuk mata juling perlu disesuaikan dengan penyebab dari kondisi mata juling tersebut. Namun, penggunaan kacamata dan olah raga mata khusus untuk melatih otot bola mata dipercaya dapat membantu pengobatan mata juling. Selain itu, dapat juga dilakukan prosedur operasi oleh dokter Spesialis mata.

Untuk metode pengobatan mata juling yang sesuai dengan penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter Spesialis Mata, Anda perlu untuk segera memeriksakan keadaan mata juling apabila mata juling setiap saat dan mata juling disertai penglihatan ganda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan yang dialami penderita rabun tua dapat semakin bertambah parah sampai ia berusia 65 tahun

Apa Perbedaan Rabun Dekat dan Rabun Tua?

Rabun dekat merupakan kondisi yang hampir serupa dengan rabun tua. Keduanya memiliki efek yang sama terhadap mata, yaitu kesulitan saat melihat objek yang dekat. Perbedaannya adalah rabun dekat dapat dialami oleh segala usia, sedangkan rabun tua dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.