Obat untuk hati

ZB Info Penanya: ZB, Pria
Obat hati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZB,

Jika yang dimaksud adalah organ hati atau liver maka pengobatan tergantung dari kelainan yang terjadi. Organ hati sendiri merupakan salah satu organ penting pada tubuh karena berfungsi untuk menyaring racun dari tubuh dan juga berperan dalam melawan infeksi. Gangguan pada hati sendiri bisa bermacam-macam mulai dari infeksi pada hati atau karena virus hepatitis misalnya, infeksi parasit seperti cacingan, peradangan pada hati, perlemakan hati, konsumsi alkohol berlebih, trauma atau benturan pada hati, gangguan pembuluh darah hati dan beragam penyakit hati lain yang dapat berujung pada kegagalan hati yang bisa mengancam nyawa.

Pengobatan sendiri tentunya tergantung dari penyakit hati yang timbul dimana tidak jarang penyakti hati bisa menjadi kronis dan tidak bisa benar-benar sembuh seperti misalnya infeksi hepatitis B dan hepatitis C. Untuk itu perlu menjaga kesehatan hati agar tidak menimbulkan kerusakan hati sampai kegagalan hati. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  • Terapkan pola hidup sehat dengan tidur dan istirahat dengan cukup, rutin berolahraga dan minum lebih banyak air
  • Hindari konsumsi alkohol terutama jika berlebihan
  • Batasi dan hindari makan makanan berlemak
  • Hindari paparan zat toksik yang bersifat hepatotoksik atau beracun pada hati seperti insektisida, pewarna buatan dan lainnya
  • Hindari tindakan berisiko seperti seks yang tidak aman ataupun penggunaan narkoba dengan jarum suntik
  • Hindari sembarangan mengonsumsi obat seperti misalnya obat pereda nyeri dalam waktu lama

Selain itu dapat memperhatikan tanda awal gejala sakit liver atau dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk menjaga kesehatan tubuh terutama organ-organ vital seperti salah satunya adalah organ hati atau liver. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab SGPT tinggi adalah adanya kerusakan, iritasi, atau luka pada hati

Penyebab Nilai Tes SGPT Tinggi dan Cara Menurunkannya

Penyebab SGPT tinggi sangat beragam, mulai dari minum alkohol hingga kanker hati. Untuk menurunkan kadar SGPT ini, Anda bisa melakukan tiga langkah berikut.