Uretritis, apakah bisa ditangani secara pribadi ?

NH Info Penanya: NH
Hallo dok, saya di diagnosa uretrihis, di berikanlah meiact20O mg dengan suplemen Glisodin 25O UI, setelah Meiact20O sudah habis namun Mr.P masih mengeluarkan cairan agak kekuningan ketika pagi,Kira" apa yg bisa di lalukan untuk penanganan secara pribadi, mengingat jauhnya lokasi berobat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NH.

Uretritis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pembawa urin keluar tubuh. Penyakit tersebut terbagi menjadi dua kelompok yaitu Gonococcal urethritis dan Nongonococcal urethritis. Perbedaan pada kedua kelompok tersebut adalah jenis bakteri yang meninfeksinya. Terdapat jenis yang mengakibatkan penyakit gonore maupun yang lain-lainnya seperti klamidia.

Adapun berbagai tanda dan gejala dari uretritis yang meliputi :

  • sakit saat buat air kecil (BAK)
  • sering BAK
  • kesulitan BAK
  • adanya sensasi terbakar dan rasa gatal saat BAK
  • adanya darah saat BAK
  • adanya cairan yang keluar dari alat kelamin baik berwarna kuning, hijau hingga coklat
  • dan gejala-gejala lainnya yang dapat mempengeruhi seleuruh tubuh seperti demam

Mengenai pengobatan uretritis Anda yang dirasa belum tuntas karena masih menimbulkan gejala, mungkin masih kurang adekuat dibandingkan dengan derajat keparahan infeksi yang dialami, maka keluhan masih timbul. Atau dengan kata lain infeksi yang dialami belum tertangani sepenuhnya dan masih membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Sedangkan untuk penyakit uretritis, hingga saat ini belum ada obat alami atau penanganan pribadi yang terbukti dapat menyembuhkannya.

Maka Anda tetap disarankan untuk kembali berobat, Jika lokasinya jauh, Anda dapat berobat pada puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat. Pasalnya jika tidak diobati hingga tuntas, terdapat berbagai komplikasi yang dapat ditimbukan seperti penyebabran infeksi pada saluran kemih atas hingga ginjal. 

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Disuria adalah rasa sakit yang timbul saat kencing.

Disuria adalah Nyeri Saat Kencing, Ini Penyebabnya!

Disuria adalah rasa sakit dan tidak nyaman saat kencing. Kondisi ini lebih sering dirasakan oleh wanita dibandingkan pria. Berbagai macam penyakit dapat menyebabkan disuria, apa saja?