obat penenang herbal apakah aman ?

K Info Penanya: K
dok, saya udah berminggu2 ini banyak pikiran terus gak tenang , gak bisa tidur, jantung dek2 an. terus nemu ini De Nature Indonesia Obat Penenang Jiwa dan Susah Tidur Suplemen Kesehatan di onlineshop, apakah aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Banyak pikiran yang mengakibatkan terganggunya ketenangan jiwa dan kesulitan tidur serta detak jantung yang meningkat dapat terjadi karena adanya gangguan psikologis yang dapat berupa gangguan kecemasan, gangguan stres akut atau bahkan depresi. Salah satu gangguan yang kerap kali dialami adalah gangguan kecemasan. 

Gangguan kecemasan umumnya berupa rasa cemas yang berlebihan dan tidak terkendali terhadap beberapa hal di dalam kehidupan sehari-hari dengan penyebab yang tidak jelas. Keadaan kecemasan tersebut, kemudian dapat mengganggu aktivitas sehari-hari baik, kehidupan pribadi maupun sosial.

Selain gejala psikis, gangguan kecemasan juga dapat mengakibatkan gejala fisik yang meliputi :

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang obat penenang herbal yang dijual bebas di pasaran, pada dasarnya tidak dapat kami pastikan karena mungkin belum dilakukan cukup riset untuk membuktikan efektivitas dan keamanannya. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah, apakah obat herbal tersebut benar sudah terdaftar dalam BPOM dan memiliki lisensi ISO (International Organization for Standardization). Ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli herbal mengenai hal ini. Dan untuk keluhan yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung kepada psikiater atau psikolog agar dapat ditangani dengan tepat.

Berikut saya sertakan artikel "cara mengatasi kecemasan" yang dapat Anda coba ikuti.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa senang dan stres dapat menjadi penyebab susah tidur

Selain Menstruasi, Kenali 8 Penyebab Susah Tidur Lainnya

Kesulitan untuk tidur atau insomnia dapat dialami oleh siapa saja. Untuk mengatasi susah tidur, Anda perlu mengetahui penyebab yang mendasarinya. Beberapa penyebab susah tidur, antara lain kondisi emosi tertentu, nightmare, menstruasi, dan sleep apnea.