Obat setelah operasi tulang ?

S Info Penanya: S
Apa obat orang habis oprasi patah tulang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi S!

Obat yang diberikan setelah operasi patah tulang pastilah tergantung dengan dokter yang melakukan tindakan operasi tersebut. 

Obat yang diberikan bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri, mencegah terjadinya infeksi, membantu proses penyembuhan luka.

Proses penyembuhan luka patah tulang sendiri juga berbeda-beda tergantung, jenis tulang, lokasi tulang, tingkat keparahan, dan komplikasi lainnya. 

Tentunya tidak mungkin seorang dokter tidak memberikan resep obat kepada pasien setelah dilakukan operasi pada tulang. Saya sarankan Anda kembali berkonsultasi pada dokter spesialis ortopedi yang menangani masalah tulang Anda sehingga Anda dapat dijelaskan secara rinci mengenai proses penyembuhan luka yang dialami.

Lain halnya, jika ternyata Anda bukan operasi patah tulang dengan seorang dokter melainkan dengan tukang urut, saya tidak menyarankan hal tersebut karena dapat memicu terjadinya sindroma kompartemen yang dapat menyebabkan jaringan dan tulang lain yang masih sehat dapat rusak.

Dirumah yang Anda dapat lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka seperti mobilisasi yang cukup, minum vitamin khusus tulang, minum susu, makan-makanan yang sehat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JM
18 Oct 2019, 21:16
Saya baru mengalami patah tulang dua bulan lalu, dan harus menjalani operasi pemasangan pen. Dari dokter ortopediya sih gak menganjurkan makanan khusus utk saya tp lebih ke makanan yg mengandung kalsium, mineral, zat besi dan juga tambahan suplemen vitamin D.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman patah tulang dipercaya dapat menyembuhkan tulang yang patah hingga mengobati berbagai macam penyakit

Manfaat Daun Patah Tulang Sebagai Obat Tradisional

Tanaman patah tulang dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan tulang yang patah. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya mampu mengobati sakit gigi, impotensi, wasir, hingga asma.